Sepuluh Peserta Lomba Cipta Inovasi Teknologi Pamerkan Keunggulan Produk

SUNGAILIAT, LASPELA — Sebanyak 10 peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum menampilkan karya terbaiknya dalam Lomba Cipta Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Kabupaten Bangka Tahun 2023, di halaman Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), Senin (13/3/2023).

Para peserta menampilkan produk-produk dari berbagai inovasi dan kreatifitas terbaiknya di depan para juri, yang langsung dilakukan penilaian dan praktek penggunaan alat tersebut.

Kepala DPMD Kabupaten Bangka, Dalyan Amri mengatakan, tujuan dilaksanakannya lomba ini adalah untuk mendorong masyarakat berkreatifitas serta berinovasi agar produk yang dilombakan itu bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Yang pasti tentunya dalam rangka peningkatan ekonomi di masyarakat. Kami berharap mereka ini tidak berhenti sampai disini, dan produk-produk yang diciptakan kalau bermanfaat bisa dimitrakan kepada Bumdes atau mitra perusahaan lainnya,” kata Dalyan Amri.

Selain mencari yang terbaik, kata Dalyan, pihaknya juga mencari produk yang ramah lingkungan saat digunakan oleh masyarakat.

“Produk yang diciptakan tidak merusak lingkungan dan ada nilai ekonomisnya. Harga lebih terjangkau untuk masyarakat jika memang mesti diperbanyak lagi,” ucap Dalyan.

Yang berhasil menjadi terbaik atau juara 1 akan diikutsertakan dalam Lomba Cipta Inovasi TTG mewakili Kabupaten Bangka ke tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Mudah-mudahan seperti tahun 2022 kemarin, kita di tingkat provinsi juara 1 dan ikut sampai ke tingkat nasional yaitu inovasi TTG nusantara. Mudah-mudahan itu bisa dipertahankan di tahun 2023 ini,” ucapnya. (mah)