banner 728x90

Dibekali HP Kamera, Anggota Satlantas Polres Basel Bakal Tilang Kendaraan Pakai Foto

Kasat Lantas Polres Basel, Iptu Eddi Yusuf
banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

TOBOALI, LASPELA – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bangka Selatan (Basel) bakal menerapkan tilang elektronik mobile atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) pada awal Juni 2023 di wilayah Kota Toboali.

Pemberlakukan tilang secara elektronik mobile atau Etle di Basel tersebut dilakukan untuk menyamakan dengan pelaunchingan yang diresmikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo secara nasional dan diterapkan di setiap kota/kabupaten di seluruh wilayah Indonesia.

banner 325x300

Kapolres Basel AKBP Joko Isnawan melalui Kasat Lantas Polres Basel, Iptu Eddi Yusuf mengatakan bahwa pemberlakuan tilang elektronik mobile atau Etle secara serentak akan dilakukan pada Juni 2023 nanti untuk kendaraan roda dua dan empat di Basel.

“Kami dari Satlantas Polres Basel akan segara menerapkan tilang mobile di Kota Toboali yang rencananya pada awal Juni 2023 nanti. Penerapan dilakukan untuk menyamakan giat ataupun launching secara nasional di seluruh Indonesia,” kata Iptu Eddi Yusuf, Rabu (1/3/2023).

Selain itu, Eddi Yusuf menyebutkan bahwa tilang elektronik mobile akan dilakukan dengan mengunakan kamera handphone anggota Satlantas saat bertugas dikarenakan tidak adanya Etle di sepanjang jalan raya Kota Toboali.

“Kebetulan kita di Basel belum ada Etle. Jadi tilang elektronik mobile yang kita diterapkan hanya menggunakan kamera handphone yang dipegang petugas satlantas dan dilakukan pemotretan terhadap kendaraan yang melanggar,” sebutnya.

Setelah kendaraan dipotret, lanjut dia anggota Satlantas memasukkan data tersebut ke dalam aplikasi Etle dengan bekerjasama dengan kantor pos Toboali.

“Satlantas Polres Basel akan bekerjasama dengan kantor pos untuk mengirimkan surat tilang ke alamat sesuai identitas kendaraan si pelanggar,” imbuhnya.

Iptu Eddy mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di Basel untuk selalu tertib dalam berlalu lintas demi menjaga keselamatan bersama.

“Tertib berlalu lintas bukan untuk polisi saja, tetapi untuk kita semua, karena dengan tertib berlalu lintas sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan. Maka dengan tertib berlalu lintas otomatis anda menyayangi keluarga dan sanak saudara sendiri,” imbaunya.

Ia menjelaskan, soal tidak adanya Etle di Kota Toboali saat ini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab Basel untuk memasang di sepanjang jalan raya Kota Toboali.

“Kita polisi tidak bisa sendiri dan harus dibantu oleh pihak pemkab. Beberapa waktu lalu kita sempat bertemu dengan bapak Bupati Basel Riza Herdavid, beliau siap membantu dalam pemasangan Elte di Kota Toboali. Hal ini beliau lakukan demi kelancaran dan keselamatan pengguna jalan,” ungkap Eddy.

Untuk itu, Eddy meminta kepada masyarakat Basel harus mulai bersiap diri untuk selalu tertib berlalu lintas.

“Nanti anggota Satlantas Polres Basel akan dibekali kamera handphone guna memotret para pelanggar yang tidak tertib pada aturan berlalu lintas,” ucapnya. (Pra)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version