Inginkan UMKM ‘Naik Kelas’, Bambang Patijaya Latih Soal Pengemasan Produk

SUNGAILIAT, LASPELA — Ratusan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Bangka mengikuti pelatihan pengemasan produk yang digelar oleh Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) bekerjasama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), di Hotel Tanjung Pesona, Minggu (18/12/2022).

Anggota Komisi VII DPR RI, Bambang Patijaya yang hadir dalam kegiatan itu mengatakan bahwa pelatihan ini dimaksudkan agar para pelaku UMKM dapat mengembangkan produk-produknya, termasuk dalam mengemas hasil produksinya.

“Peran UMKM ini sangat penting, karena dalam 2,5 tahun lebih ini kita melihat bahwa ekonomi Indonesia secara keseluruhan akan pulih. Salah satu sektor yang akan bangkit yaitu pariwisata dan ekonomi kreatif.
Dimana dalam sektor ekonomi kreatif ini terdiri dari kuliner, kerajinan tangan dan juga 17 sektor lainnya,” kata Bambang.

Dikatakannya, dengan bangkitnya pariwisata, tentu hal ini akan mendorong tumbuh kembangnya sektor-sektor ekonomi kreatif tersebut.

“Kita berharap UMKM kita bisa bangkit, bisa tetap meningkatkan kualitasnya. Sehingga UMKM dapat naik kelas,” harapnya.

Pria yang kerap disapa BPJ itu berharap melalui kegiatan tersebut dapat menambah pengetahuan dan wawasan para pelaku UMKM, sehingga produk yang dihasilkan dapat berdaya saing di kancah nasional hingga internasional.

“Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat. Apa-apa yang disampaikan oleh narasumber nantinya dapat diimplementasikan, sehingga produknya bisa dijual ke luar daerah. Tentunya harus memiliki kualitas yang bagus,” tandasnya. (mah)