banner 728x90

Pangdam II Sriwijaya Resmikan Eks Makorem 045/Gaya Menjadi Satuan Baru Yonif 147/Ksatria Garuda Jaya

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

PANGKALANBARU, LASPELA – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) II/Sriwijaya, Mayjen TNI Hilman Hadi meresmikan eks Makorem 045/Garuda Jaya menjadi Satuan Baru Yonif 147/Ksatria Garuda Jaya, di Desa Jelutung, Kecamatan Namang, Pangkalanbaru, Kabupaten Bangka Tengah, Kamis (8/12/2022).

Sebelumnya, Pangdam II/Sriwijaya bersama  Danrem 045/Gaya juga meresmikan kantor Kodim 0432/Basel pada Rabu (07/12) kemarin.

banner 325x300

Mayjen Hilman Hadi mengatakan, pembentukan Kodim Basel dan Batalyon 147 ini sudah lama disiapkan, tetapi secara resmi kedua satuan ini baru resmi dan bisa beroperasi hari ini.

“Kita ketahui bahwa, TNI Angkatan Darat khususnya memiliki tugas operasi militer perang dan operasi militer selain perang, dalam tugas-tugas TNI Angkatan Darat ada dua, pertama fungsi tempur dan fungsi pembinaan teritorial,” ujar Pangdam.

Pangdam menyebutkan, satuan-satuan tempur yang ada tersebut adalah satuan-satuan coil termasuk korem dan lain-lain.

“Termasuk saat ini kita sudah membentuk Kodim di Bangka Selatan tersebut, dan kini itu merupakan bagian dari pelaksanaan tugas,” ucapnya.

Lanjutnya, ini merupakan bagian dari pelaksanaan tugas pokok TNI untuk melakukan fungsi tempur dan pembinaannya, dengan fungsi-fungsi utama tersebut makanya TNI dalam hal ini TNI-AD butuh organisasi pelaksana dibawah komando.

“Kita juga akan tarik sebagian putra-putri daerah yang sedang pendidikan untuk Batalyon 147 dan Kodim Bangka Selatan nantinya,” jelas Pangdam.

Ia menambahkan, terkait pasukan yang sudah dipersiapkan di Batalyon Infantri 147/Ksatria Garuda Jaya, Pangdam menjelaskan jika perhari ini sudah ada sebanyak 300 prajurit.

“Sementara ini kita arisan, kita ngambil di lingkungan kita sendiri, karena kalau kita minta dari luar ada birokrasi yang perlu kita lewati, kalau di lingkungan kita sendiri kita langsung bisa mengeluarkan Surat Perintah yang bisa menata kita mengambil dari beberapa satuan saat ini 40 persen,” tuturnya.

Dirinya juga berharap pembentukan Batalyon 147 dan Kodim Bangka Selatan bisa bersinergi dengan semua pihak dalam melakukan tugasnya sebagai pertahanan negara.

“Selain itu, kami juga ucapkan terima kasih kepada pihak yang mendukung Satuan Baru Batalyon 147 dan Kodim Bangka Selatan,” tutupnya.(chu)

.

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version