Siswa SDN 7 Sungailiat ‘Sulap’ Kulit Nanas Jadi Minuman Segar

SUNGAILIAT, LASPELA – Bupati Bangka, Mulkan mengapresiasi kreatifitas para siswa SDN 7 Sungailiat yang telah berhasil memproduksi teh dari kulit nanas.

Hal itu dikatakannya usai melaksanakan upacara HUT Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) ke 77, Hari Guru Nasional (HGN) tahun 2022, di Halaman Kantor Bupati Bangka, Senin (28/11/2022).

Mulkan menilai bahwa produk teh kulit nanas tersebut sangat unik. Karena kulit nanas yang merupakan limbah, tetapi bisa diolah menjadi minuman segar yakni teh kulit nanas.

“Teh kulit nanas hasil inovasi dan kreativitas siswa SDN 7 Sungailiat ini rasanya sangat enak dan segar. Kami atas nama Pemda Kabupaten Bangka, sangat bangga atas kreativitas para siswa, dan nantinya akan menjadi contoh bagi sekolah lainnya, bagaimana bisa mengajak para siswa untuk berkreativitas. Dan tentunya hal semacam ini sebagai bekal pengetahuan, ketrampilan bagi para siswa serta juga bisa meningkatkan penghasilan bagi sekolah tersebut,” ungkap Mulkan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 7 Sungailiat, Sumini mengatakan produk teh hasil olahan kulit nanas itu diproduksi sejak sebulan yang lalu oleh para siswanya.

“Teh kulit nanas ini baru diproduksi untuk di lingkungan sekolah, ke depan produk ini akan kita kembangkan sehingga bisa di jual ke masyarakat di daerah ini nantinya,” ujar Sumini.

Dikatakannya, munculnya ide pembuatan teh kulit nanas tersebut berasal dari Tim Pokja SDN 7 Sungailiat yang diketuai para siswa.

“Kami (SDN 7-red) ada group inovasi atau Kelompok Kerja (Pokja) inovasi yang beranggotakan para siswa dan dibimbing para guru. Untuk di SDN 7 ada  enam(6) Pokja. Dan untuk pokjak inovasi membuat teh kulit nanas, sedangkan pokja lainya membuat penyaringan air agar jernih, selain itu juga ada yang membuat pupuk alami,” ujarnya.

“Untuk hari ini kita sengaja bawa produk teh kulit nanas untuk diperkenalkan ke pak bupati, agar usai upacara kondisi cuaca panas, bisa seger dengan minum teh kulit nanas produksi siswa kami,” tandasnya.

Minuman teh kulit nanas, kata dia akan semakin nikmat jika dicampur dengan es dan juga ditambah madu.” katanya.(adv/mah)