BKKBN Babel Fasilitasi Uji Kompetensi PKB

PANGKALPINANG, LASPELA – Perwalian BKKBN Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) memfasilitasi penyelenggaraan Uji Kompetensi bagi Penyuluh KB (PKB) periode II tahun 2022 yang akan menduduki jabatan setingkat lebih tinggi atau perpindahan ke jabatan fungsional lain. Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali, yaitu untuk Pulau Bangka pada tanggal 24 November 2022 dan untuk Pulau Belitung akan dilaksanakan pada tanggal 29 November 2022 di Tanjungpandan.

Tujuan pelaksanaan uji kompetensi ini adalah untuk mengukur standar kompetensi pada unit-unit kompetensi teknis, manajerial dan sosial kultural. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan Sistem Aplikasi Sertifikasi yang terintegrasi dengan SIM SDM BKKBN
Peserta yang terdiri atas 14 orang PKB dari Kabupaten/Kota di Pulau Bangka terlihat serius dalam mengerjakan materi ujian kompetensi.

Salah seorang peserta, Sri Astuti, PKB Kabupaten Bangka mengungkapkan soal-soal yang diberikan lumayan sulit karena jawabannya mirip-mirip. Walaupun begitu, ia tetap mengerjakan seluruh soal yang berjumlah 100 itu sampai selesai.

“Sebenarnya jam 1 siang sudah selesai semua tapi tetap dilihat ulang jawabannya kan masih ada waktu,” ujar Sri yang sangat berharap dapat lulus uji kompetensi ini.

Waktu pengerjaan soal adalah 5 jam sehingga pada pukul 14.00 kegiatan uji kompetensi dijadwalkan sudah selesai.

Kepala Perwakilan BKKBN Babel, Fazar Supriadi Sentosa menyampaikan bahwa uji kompetensi ini menguji sesuai standarnya. Materi yang diuji menyangkut teknis, manajerial, dan sosial kultural yang selama ini sudah mereka lakukan dalam 10 langkah PLKB.

“Misalnya kalau teknis itu seperti pencatatan pelaporan, pelayanan KB, kalau manajerial itu seperti pembentukan Pokja, advokasi ke Camat dan sosial kultural itu seperti pendekatan ke tokoh agama dan tokoh masyarakat,” terang Fazar.

Lebih lanjut, ia berharap agar seluruh peserta lulus sehingga kompetensinya mumpuni dan dalam pekerjaan sehari-hari tidak ada hambatan. (ril/BKKBN Babel: Yeny Anggraini) 

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: