Tutup Pekan Raya Kebudayaan Daerah, Molen: Acara Luar Biasa

PANGKALPINANG, LASPELA – Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil menutup Pekan Raya Kebudayaan Daerah dengan tema “Cerlang Pangkalpinang Tersenyum Agik” di Alun-alun Taman Merdeka, Rabu malam (23/11/2022).

Acara yang diawali arakan dulang hingga pawai obor, disusul dengan berbagai macam pentas kebudayaan dari sanggar-sanggar seni di Kota Pangkalpinang.

Molen, sapaan akrab Maulan Aklil menuturkan, meski digelar ditengah hujan, ia tetap merasa bangga dengan digelarnya acara yang luar biasa ini. “Dengan ilmu hidup lebih bermakna, dengan agama hidup lebih terarah dengan seni hidup lebih indah,” tuturnya.

Salah satu kebudayaan melayu Bangka Belitung yang telah dikenal banyak orang baik nasional maupun Internasional ialah Paksian yang bahkan Paksian ini telah digunakan Presiden RI Joko Widodo saat menyampaikan Pidato Kenegaraan pada HUT 77 RI lalu.

“Sangat bangga kepada para pelaku seni, para pelaku budaya yang telah memberikan perhatian dan tenaganya agar kebudayaan kita dapat menuju kelas yang lebih luas lagi,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang, Erwandy mengatakan kegiatan ini diharapkan mampu mengeksplor kebudayaan daerah dan dapat menjadi salah satu sarana pembentuk karakter manusia.

“Tema ini memberikan pesan kepada kita agar kita cermat mengolah peluang dalam hal melakukan pelestarian budaya daerah, dengan hasil akhir yang membahagiakan yaitu tercapainya Visi Kota Pangkalpinang yaitu Sejahtera, Nyaman, Unggul dan Makmur,” ujarnya.

“Pemerintah Kota Pangkalpinang terus meningkatkan upaya pelestarian budaya daerahnya, melalui berbagai pola dan inovasi, dan perkembangannya dapat kita rasakan bersama, dimana walaupun dalam situasi Covid-19 Kebudayaan Kota Pangkalpinang tetap Eksis dan bahkan mampu meraih prestasi baik di Tingkat Nasional maupun Tingkat dunia,” pungkasnya. (dnd)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: