Pencak Silat dan Atletik Siap Dipertandingkan pada Festival Olahraga Pendidikan 2022

* 25-27 November 2022

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Pariwisata Kebudayaan dan Kepemudaan Olahraga (Disparbudkepora)  Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Ikatan Guru Olahraga Nasional (IGORNAS) akan menggelar Festival Olahraga Pendidikan tingkat Provinsi Babel tahun 2022, 25-27 November  2022

Kegiatan ini digelar guna memberikan motivasi dalam menyalurkan bakat dan minat siswa terhadap keolahragaan di sekolah. Festival olahraga ini mempertandingkan dua cabor yaitu pencak silat dan atletik yang diikuti mulai dari tingkat SD/Madrasah Ibtidaiyah (MI), SMP/Madrasah Tsanawiyah (MTs) hingga tingkat SMA/Madrasah Aliyah (MA).

Kabid Olahraga Disparbudkepora Provinsi Bangka Belitung, Harun mengatakan olahraga termasuk dalam fokus pemerintah sesuai dengan Undang-Undang nomor 11 Tahun 2022 tentang keolahragaan, serta Peraturan Presiden (Perpres) nomor 86 Tahun 2021 tentang Desain Besar Olahraga Nasional (DBON).

“Tentu hal ini membutuhkan pembinaan dalam bidang olahraga untuk siswa yang dilaksanakan melalui bidang pendidikan formal, mulai dari taman kanak-kanak sampai dengan perguruan tinggi,” kata Harun di Pangkalpinang, Kamis (24/11/2022).

Ia menyebutkan, Festival Olahraga Pendidikan  bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan wawasan pengetahuan keolahragaan dan kesehatan jasmani peserta didik dan juga untuk menumbuhkan sikap dan perilaku hidup sehat peserta didik melalui kecintaan terhadap aktivitas olahraga.

“Harapannya peserta dapat memperoleh wawasan pengetahuan keolahragaan, memiliki kemampuan berolahraga dan meningkatkan derajat kesehatan. Selain itu juga tentunya diharapkan, dapat mengukir prestasi di tingkat nasional maupun internasional,” tuturnya.

Lanjutnya, cabor yang dipertandingkan ini merupakan unggulan berdasarkan DBON, dengan meningkatkan budaya olahraga masyarakat dan olahraga prestasi nasional.

“Dengan digelarnya Festival Olahraga Pendidikan 2022, diharapkan munculnya bibit-bibit baru para atlet yang mampun mengharumkan nama Provinsi Bangka Belitung nantinya,” harapnya.

Ia menambahkan, untuk cabor atletik akan digelar di Stadion Depati Amir Pangkalpinang sedangkan cabor pencak silat digelar di GOR Sahabudin.

“Ada 38 medali yaitu 18 emas, 18 perak dan 18 perunggu untuk masing-masing cabor,” imbuhnya.

Sedangkan untuk hadiah panitia pelaksana telah menyiapkan medali dan piagam penghargaan bagi para pemenang I, II dan III setiap nomor pertandingan/perlombaan cabang olahraga.(chu)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: