Pemprov dan DPRD Babel Dukung Hadirnya Fakultas Kedokteran UBB

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) mendukung penuh rencana berdirinya Fakultas Kedokteran di Universitas Bangka Belitung (UBB).

“Fakultas kedokteran kita dukung penuh, hari ini akan datang konsil dari Kemenkes dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) untuk menilai terakhir. Kami akan menyampaikan bahwa Pemprov bersama DPRD mendukung penuh berdirinya fakultas kedokteran di UBB,” kata Penjabat Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin, Kamis (24/11/2022).

Ia mengatakan dengan adanya fakultas kedokteran di UBB ini, tentunya akan mempermudah akses masyarakat Bangka Belitung yang ingin berkuliah di fakultas kedokteran.

“Hadirnya fakultas kedokteran ini akan memberikan kemudahan bagi masyarakat Babel yang ingin berkuliah, sehingga akan memperbanyak tenaga-tenaga kesehatan di daerah ini,” ujarnya.

Dia juga menilai, Bangka Belitung sudah layak memiliki Fakultas Kedokteran di UBB. “Sudah layak, sudah layak sekali,” ujar Dirjen Minerba Kementerian ESDM RI ini.

Senada dengan itu, Ketua DPRD Provinsi Babel, Herman Suhadi menuturkan, pada tahun 2023 mendatang jika telah melewati beberapa tahapan, maka akan ada Fakultas Kedokteran di UBB.

“Saya sangat berharap, bersama Pak Gub dan stakeholder yang ada di Babel yang jelas kami Forkompimda sangat mendukung,” ujar Herman.

Dikatakan Herman, dengan hadirnya Fakultas Kedokteran UBB itu nantinya masyarakat yang ingin kuliah di bidang kedokteran tidak perlu keluar daerah lagi.

“Sebuah kebanggaan lah Babel pulau kecil tapi punya fakultas kedokteran. Mungkin nanti tidak membuat warga kita bercita-cita menjadi dokter tidak perlu keluar jauh,” tukasnya.

Sebagai bentuk dukungan nyata, lanjut dia, pihaknya telah menganggarkan bantuan hibah untuk mengadakan sekolah para dokter yang akan menjadi dokter di Fakultas Kedokteran tersebut nantinya.

“Setelah keluar penilaian itu layak, maka akan keluar izin dari Kemendikbud Ristekti, bahwa di Babel layak didirikan fakultas kedokteran. Dan kami bersama Pak Gub pada hari ini mengatakan memang sudah layak termasuk masyarakat,” tutupnya.(chu)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: