Lestarikan Musik Tradisional, PT Timah Tbk Hadirkan Grup Dambus Panglima Angin di Jamuan Malam Peringatan HUT ke 22 Babel

BANGKA BARAT, LASPELA – Musik tradisional Bangka Belitung dambus memang memiliki daya tarik yang memikat, alunan musik melayu menjadi ciri khas dari kesenian dambus.

Kini, musik dambus memang tak semarak dulu yang kerap tampil dalam berbagai acara panggung hiburan raykat. Untuk menjaga agar kesenian daerah ini tetap eksis PT Timah membina grup Dambus Panglima Angin.

PT Timah Tbk juga ikut menghadirkan Grup Dambus Panglima Angin pimpinan Erna dalam jamuan malam dalam rangka memperingati HUT ke 22 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Guest House Unit Metalurgi Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Selasa (22/11/2022).

Para tamu yang hadir dalam jamuan ini seperti
Kapolda Babel Irjen Pol Yan Sultra , Forkopimda Babel, Bupati Bangka Barat H Sukirman beserta Forkopimda Bangka Barat dan lainnya tampak terpukau dengan aksi grup Dambus Panglima Angin.

Bupati Bangka Barat H.Sukirman menikmati bait demi bait syair serta petikan dambus, tanpa sungkan Bupati memainkan kepala menikmati musik. Menurutnya jamuan PT Timah menghadirkan musik dambus pertanda PT Timah mencintai tradisi di Bangka Belitung.

“Ini sangat bagus, rara-rata kita sudah mulai jenuh dengan jamuan musik sekarang, sekarang kita butuh yang tradisional. Apalagi yang mainnya binaan PT Timah, menandakan PT Timah mencintai dan peduli kesenian daerah,” kata Bupati.

Ia melanjutkan, musik dambus harus juga diimprovisasi tanpa menghilangkan ciri khasnya, sehingga bisa terus eksis.

Sukirman juga mengapresiasi PT Timah Tbk yang telah mendukung peringatan HUT ke 22 Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di Kabupaten Bangka Barat.

“Selama ini PT Timah sudah maksimal membantu pemerintah Ini menandakan PT Timah peduli pembangunan di Bangka Barat termasuk dalam peringgatan HUT Babel,” ungkap Bupati.

Senada, Kapolda Bangka Belitung Irjen Polisi Yan Sultra mengaku terhibur suguhan musik tradisional dari PT Timah.

“Ini musik yang sangat baik, musik tradisional yang harus kita kembangkan, karena inilah budaya kita yang harus kita pelihara. Bukan hanya orang tua, tetapi anak-anak muda juga harus dibina untuk melestarikan,” harap Kapolda.

Sementara itu Erik, pemain musik sekaligus penyanyi mengaku bangga diberikan kesempatan oleh PT Timah dambus dapat tampil di acara Jamuan makan malam HUT Babel ke 22.

“Tentunya kami group dambus Panglima Angin, sangat bangga diberikan kesempatan tampil oleh PT Timah menghibur tamu undangan peringgatan HUT Babel ini. Melalui penampilan kami ini , ingin mengajak masyarakat, khususnya anak muda melestarikan musik dambus,” ucapnya. (ril/chu)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: