Serapan Anggaran OPD di Basel Baru 70 Persen

TOBOALI, LASPELA – Progres realisasi anggaran perangkat daerah hingga November 2022 di Kabupaten Bangka Selatan (Basel) baru mencapai 70 persen.

Hal itu dipaparkan Sekretaris Daerah (Sekda) Basel, Eddy Supriadi, ketika memimpin rapat internal organisasi perangkat daerah (OPD) di Ruang Rapat Gunung Namak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Basel.

“Kami hari ini melaksanakan rapat internal seluruh OPD terkait realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022, rata-rata sudah 70 persen,” kata Eddy di Toboali, Kamis (10/11/2022).

Menurutnya serapan anggaran di masing-masing OPD di lingkungan Pemkab Basel hampir sama di angka 70 persen.

“Tentunya dalam hal ini tidak ada yang tertinggi, semua hampir merata di 70 persen,” ujarnya.

Lanjutnya untuk serapan keuangannya itu baru sekitar 50 persen, tapi progres fisik sudah diatas 75 persen.

Eddy mengakui saat ini tidak ada kendala terkait progres tersebut, semuanya masih on the track atau berjalan dengan lancar dan aman.

“Tinggal nanti kami monitoring dan evaluasi para kepala OPD untuk memonitor pelaksanaan kegiatan, jadi sekali lagi realisasi fisiknya itu 75 persen dan keuangan rata-rata 50 persen,” terangnya.

Pihaknya sangat optimis akhir tahun ini serapan anggaran, baik fisik dan keuangan bisa mencapai 98 persen, ia pun sudah menekankan agar pengawasan dan supervisinya itu lebih matang guna mencapai angka 98 persen.

“Tentunya harus turun ke lapangan, jangan sampai hanya diatas meja kerja, harus cek langsung ke lapangan bagaimana pelaksanaan kegiatan seperti apa serta progresnya sejauh mana,” pungkasnya. (Pra)