Diguyur Hujan Deras, Sejumlah Titik di Sungailiat Kebanjiran

SUNGAILIAT, LASPELA — Beberapa titik di wilayah Sungailiat Kabupaten Bangka terendam banjir akibat curah hujan dengan intensitas tinggi, Rabu (2/11/2022).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka, M Nursi melalui Tim Unit Reaksi Cepat (URC), Adam mengatakan, sejumlah personel langsung diturunkan untuk memastikan daerah tersebut sudah aman dari genangan air.

“Puncaknya (banjir) kemarin, salah satunya terjadi di jalan utama depan Kantor Bupati Bangka terendam air dengan ketinggian 30 hingga 40 centimeter,” kata Adam, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat WhatsApp, Rabu (2/11/2022).

Selain itu, banjir juga menggenangi Pasar Inpres, Kampung Jawa, Sidodadi, dan belakang kantor camat Sungailiat dengan rata-rata ketinggian mencapai 40 centimeter.

“Kalau di Kampung Jawa (Rt 01 dan RT 02) ada dua unit rumah warga dan tiga kos-kosan terendam banjir akibat debit air meluap dari bandar utama,  kedalaman setinggi paha orang dewasa,” terangnya.

Bahkan kata dia, akibat banjir ini, satu pondasi rumah warga bagian dapur belakang  mengalami pengikisan akibat arus aliran bandar.

“Menurut informasi warga ada 70 KK terdampak genangan air yang meluap,” tambahnya.

Namun demikian, air kembali surut sekitar dua jam setelah banjir dan tidak ada korban jiwa dalam musibah bencana alam itu.

Dirinya mengatakan, dalam penanggulangan musibah bencana alam, harus dilakukan terpadu termasuk peran masyarakat. Persoalan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah atau BPBD melainkan tanggung jawab bersama.

“Hari ini juga terjadi hujan lebat di wilayah Kabupaten Bangka, alhamdulillah terpantau masih aman,” tandasnya. (mah)