banner 728x90

Jalan Sehat dan Kirab Budaya Diikuti 35.000 Peserta di Bangka, Meriah

* Digelar PDI-P Peringati Sumpah Pemuda

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

SUNGAILIAT, LASPELA – Taman Hiburan Rakyat (THR) Sungailiat merah membara, 35.000 orang tumpah ruah mengikuti jalan santai dan kirab budaya nusantara dalam memperingati Hari sumpah pemuda yang digelar  Partai PDI Perjuangan (PDI-P), Sabtu (29/10/2022).

Jalan santai ini dilepas oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Partai Demokrasi PDI-P, Hasto Kristiyanto, didampingi Wakil Bendahara Umum PDIP yang juga anggota DPR daerah pemilihan Bangka, Rudianto Tjen, serta para rombongan lainnya ikut berjalan santai bersama dengan para peserta.

banner 325x300

Sepanjang 5 kilometer jarak yang ditempuh, para peserta tampak disiplin dalam barisan hingga ke garis finis.

Hasto mengatakan acara yang sangat meriah ini menjadi momentum penting memperingati hari sumpah pemuda ke-94 menggelorakan semangat persatuan.

“Meskipun sederhana, tetapi dapat menjadi benteng dalam membangun jiwa raga sehat, dan ini merupakan upaya preventif termasuk dalam upaya meningkatkan kualitas hidup,” ujarnya kepada awak media.

Ia mengatakan di lokasi acara juga sudah menunggu ratusan stan kuliner UMKM dan disertai sebuah panggung dengan kelompok musik yang menghibur peserta.

“Semangat warga Bangka Belitung sangat luar biasa. Tadi malam, saya sudah menyaksikan pasar malam di mana seluruh UMKM ditampilkan. Kuliner di Bangka Belitung ini juga luar biasa,” ucap Hasto.

Sebanyak belasan ribu tusuk sate dibagikan ke peserta jalan sehat kirab budaya nusantara. Selanjutnya, nomor para peserta akan diundi untuk memperebutkan sejumlah hadiah berupa mobil, sepeda motor, dan lainnya.

Menurutnya, kegiatan ini bukti bahwa PDI Perjuangan mampu menyatu dengan rakyat. Parade budaya yang ditampilkan membuktikan kekayaan budaya Indonesia yang berwarna dengan saling melengkapi, Indonesia dengan kepribadian betul-betul dapat ditampilkan ke bangsa lain.

“Untuk itu saya berharap kepada Pemuda-pemudi Indonesia sebagai generasi pemimpin bangsa harus terus bersemangat menggelorakan persatuan, satu bangsa satu Tanah Air dengan menjunjung tinggi bahasa persatuan yakni bahasa Indonesia,” tandasnya.

Sementara, Ketua DPD PDIP Provinsi Babel, Didit Srigusjaya menjelaskan kegiatan ini dimulai dari festival UMKM, jalan sehat, dan kirab budaya. Dari sisi peserta ada 600 pelaku UMKM yang terlibat, lalu 30 ribuan peserta jalan sehat, dan ratusan anak muda peserta parade budaya

“Sesuai instruksi DPP PDI Perjuangan dan Ibu Megawati Soekarnoputri, budaya harus dilestarikan. Maka kita tampilkan parade kirab budaya dari 16 provinsi, oleh paguyuban warga Babel yang berasal dari 16 provinsi,” jelasnya.

Ia menambahkan, melalui kegiatan ini pihaknya ngin mempererat keragaman kebudayaan warga yang tinggal di Bangka Belitung demi memerkuat keindonesiaan dan nasionalisme kita.

“Insya Allah di tahun depan kita akan laksanakan kembali dengan target peserta lebih banyak lagi. Dan akan kita gelar di Kabupaten Bangka Barat,” tutupnya.(chu)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version