Perhatikan Siklus Buang Air Kecil Anak, Siklus Tak Normal Bisa Jadi Gagal Ginjal

PANGKALPINANG, LASPELA – Kepala Dinas Kesehatan Kota Pangkalpinang, dr. Masagus Hakim menyebutkan ciri-ciri jika anak menderita gagal ginjal akut, ia mengatakan siklus buang air kecil anak menjadi gejala utama anak menderita gagal ginjal akut.

“Pertama itu jika anak tidak rutin buang air kecil, lalu ada juga anak yang sering buang air kecil, karena ginjal kan memproduksi air, gejala lainnya ialah demam, diare dan muntah,” katanya.

Jika anak sakit, orang tua diharapkan dapat langsung kontrol ke dokter jangan biarkan anak sakit berhari-hari. “Langsung ke dokter, sekarang serba mudah apalagi ada BPJS,” ujarnya.

Penggunaan obat pada anak pun harus sesuai anjuran dokter, orang tua jangan asal memberikan takaran obat pada anak.

“Sebenarnya jika obat diberikan sesuai anjuran dosis dokter, seperti sesuai dengan tubuh anak, berat badan anak maka obat itu akan aman saja, tetapi jika salah, itu yang bahaya,” bebernya.

Masyarakat juga perlu untuk menyaring informasi dari media sosial, jangan sampai sebuah informasi yang tidak jelas menjadi patokan sehingga memengaruhi keadaan yang tidak sesuai keadaan.

“Masyarakat harus bisa memilih dan memilah informasi, jangan menelan mentah-mentah sebuah informasi dan men-share sehingga berakibat menyebarkan informasi hoax,” imbau Hakim. (dnd)