Lakukan Kunjungan Ke Dukcapil, Tim KIPP Babel Lihat Penerapan Inovasi Pedekate Berkah

PANGKALPINANG, LASPELA – Tim penilai Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) Provinsi Bangka Belitung (Babel) tahun 2022 melakukan kunjungan verifikasi lapangan inovasi pedekate berkah (pengantin dapat KK, KTP, akta perkawinan/buku nikah) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Pangkalpinang, Kamis (13/10/2022).

Inovasi Pedekate Berkah yang digagas Dukcapil Kota Pangkalpinang ini  memudahkan pasangan yang baru menikah untuk mengubah status, membuat Kartu Keluarga (KK) dan mendapat buku nikah lebih gampang.

Ketua Tim Penilai KIPP, Prof. Bustami Rahman menuturkan kunjungan ini untuk melihat secara langsung implementasi inovasi pedekate berkah, karena inovasi Dukcapil ini masuk kedalam 10 besar KIPP tahun 2022 di Babel.

“Jadi kita lakukan peninjauan di lapangan ini untuk meyakinkan kami sebagaimana inovasi yang ada di proposal apakah benar diterapkan di lapangan,” katanya, usai verifikasi lapangan.

“Inovasi Pedekate Berkah ini, kita lihat apakah benar pasangan yang baru menikah langsung mendapatkan berkas adminitrasi, lalu kami juga mewawancarai para penerima inovasi tersebut mereka puas atau tidak,” tambahnya.

Bustami menegaskan, inovasi yang dilakukan ini yang terpenting apakah inovasi itu benar dijalankan dan bukan hanya omongan saja.

“Apakah memang akan melaksanakan seperti yang mereka katakan dan ditulis dalam proposal pada wawancara yang kita adakan kemarin,” tuturnya.

Mantan Rektor UBB ini mengapresiasi inovasi yang dilaksanakan Dukcapil, karena sangat membantu masyarakat khususnya pasangan yang baru menikah mendapatkan dokumen kependudukan.

Ia menambahkan, dalam rangka penilaian top sepuluh KIPP di Babel, pihaknya juga melakukan verifikasi lapangan terhadap kesepuluh inovasi, baik di kabupaten maupun di kota.

“Kunjungan ini merupakan kunjungan ketiga yang kita lakukan kita sudah ke Belitung dan Belitung Timur. Hari ini Pangkalpinang dan sebentar lagi Pemerintah Provinsi kemudian Sungailiat lalu Bateng, Babar dan Basel yang masuk dalam 10 besar KIPP,” katanya.

Pengumuman sendiri  lima besar akan dilaksanakan pada 28 Oktober mendatang  dan penyerahan hadiah diserahkan pada saat puncak peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Babel. (dnd)