UBB Terima 500 Bibit Buah-buahan dari PT Pelindo

MERAWANG, LASPELA – Kampus Universitas Bangka Belitung (UBB) menerima 500 bibit buah-buahan dari BUMN PT Pelindo Regional II Pangkalbalam, Pangkalpinang. Penyerahan bibit buah-buahan ini disertai dengan penandatanganan MoU antara PT Pelindo dengan UBB, yang berlangsung di kampus UBB, Merawang Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Jumat (7/10/2022).

“Kami bersyukur dipilih menjadi salah satu tempat penyaluran program tanggung jawab sosial dan lingkungan PT Pelindo, sebagai upaya pelestarian lingkungan hutan kampus beradaban di UBB,” ujar Rektor UBB, Dr Ibrahim.

Untuk penanaman bibit buah, ia berharap dapat memperkuat ketahanan pangan lokal untuk masyarakat sekitar dan hutan di kampus peradaban UBB akan lebih lengkap dan tertata sehingga nanti siap menjadi hutan wisata.

“Ada berbagai macam jenis bibit buah-buahan lokal mulai dari durian, mangga, kelengkeng, alpukat dan lain-lain. Tentu kami bersyukur karna lahan di kampus UBB ini sangat luas dan akan kami buat kebun khusus bibit yang diberikan PT Pelindo ini,” ucapnya.

Ibrahim menambahkan, PT Pelindo sebagai salah satu perusahaan milik BUMN diharapkan bisa saling memperkuat laju perekonomian masyarakat Babel dan melakukan inovasi-inovasi untuk memudahkan layanan dan jasa di transportasi laut.

“Seperti kita ketahui setiap hari masyarakat di daerah kepulauan ini tidak terlepas dengan aktivitas pelabuhan, untuk itu kita berharap Pelindo sebagai penyedia layanan dan jasa transportasi laut dapat terus berkembang dan berinovasi memberi layanan terbaik untuk masyarakat dengan harga terjangkau, khususnya pengguna jasa transportasi,” harapnya.

Selain menerima bibit buah-buahan, Mahasiswa berprestasi dari Universitas Bangka Belitung (UBB) yang berasal dari keluarga kurang mampu juga mendapatkan beasiswa dari PT Pelindo.

“Bantuan beasiswa untuk beberapa mahasiswa yang uang kuliah tunggal rendah dan diberikan kesempatan untuk membuat makalah tentang pelindo. Kami berharap adanya beasiswa ini dapat
memberikan motivasi kepada para penerima manfaat sekaligus meringankan beban keluarga,” pungkasnya.

Sementara itu, GM PT. Pelindo Regional 2 Pangkalbalam, Noval Hayin mengungkapkan, pada MoU ini ada dua kerjasama yang disepakati, yaitu penanaman pohon produktif yang didominasi oleh buah-buahan dan program Pelindo Champion Scholarship atau beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi.

“Kerja sama ini yang pertama dalam bentuk penanaman pohon produktif yang didominasi buah-buahan asli Bangka, seperti durian dan lain-lainnya, dan yang kedua program Pelindo Champion Scholarship atau beasiswa bagi adek-adek mahasiswa yang berprestasi namun kurang mampu dari sisi ekonominya,” terang Noval.

Ia mengatakan kegiatan itu sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat dan lingkungan sekaligus memperingati ulang tahun PT Pelindo (Persero).

“Kami berharap kerjasama ini bisa berlanjut dan berkesinambungan sehingga dapat memberikan manfaat kepada masyarakat Bangka Belitung khususnya pada dunia pendidikan,” tutupnya.(chu)