Pj Gubernur Tabuh Bedug Tanda Peresmian MTQH XI Tingkat Provinsi Babel

TOBOALI, LASPELA – Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadits Nabi (MTQH) MTQH XI Tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) tahun 2022 secara resmi dibuka Penjabat (Pj) Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin.

Peresmian MTQH XI ditandai dengan penabuhan bedug oleh Pj Gubernur Babel bersama Bupati Bangka Selatan (Basel) Riza Herdavid, Wakil Bupati Debby Vita Dewi, Bupati Bangka Tengah (Bareng) Algafry Rahman, Wakil Bupati Belitung Timur (Beltim) Chairil Anwar, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Babel dan Basel serta Ketua LPTQ Babel.

“MTQH ini sebagai edukasi untuk semakin mencintai Al-Qur’an, meningkatkan kesadaran beragama serta sebagai syiar Islam. Diharapkan juga MTQH XI tingkat provinsi ini dapat menghasilkan qori dan qoriah yang terbaik untuk berkompetisi di tingkat nasional,” kata Ridwan Djamaluddin di Toboali, Senin (3/10/2022).

Menurutnya MTQH XI salah satu melestarikan seni budaya Al-Qur’an atau Qiraat dan meningkatkan pemahaman Tafsir Al-Qur’an, memupuk ukhuwah Islamiyah antar umat khususnya umat Islam di Babel serta menyiapkan calon duta Babel pada MTQH tingkat nasional.

“Melalui MTQH XI ini, kita ciptakan generasi muda yang siap berkompetisi secara sehat, berlomba meraih prestasi, berkontribusi dalam membangun kualitas sumber daya manusia (SDM) umat yang unggul, kompetitif dan berkarakter islami,” jelas Ridwan.

Tak hanya itu, ia menuturkan gema dan syiar MTQH ke XI tahun 2022 ini tentunya diharapkan mampu lebih memperkuat ikatan spiritual dan emosional secara vertikal kepada sang pencipta dan jalinan horizontal sesama umat manusia.

“Sehingga kita mampu merefleksikan nilai-nilai agama yang meliputi hubungan intern umat beragama dalam memperkokoh jalinan persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Basel, H Riza Herdavid, mengucapkan terima kasih dengan dipercayanya Basel sebagai tuan rumah MTQH XI tingkat Provinsi Babel.

“Tentunya ini merupakan sebuah amanah dan kebanggaan yang luar biasa, serta sebagai sejarah bagi Basel setelah lebih dari 14 tahun lamanya ditunjuk sebagai tuan rumah MTQH tingkat provinsi,” tukas Riza.

“Sejak pertama kali menjadi tuan rumah MTQ pada tahun 2008 silam, tahun ini Basel kembali dipercaya menyelenggarakan event yang sama,” tambahnya.

Ia menyebutkan pembukaan ini dapat menjadi motivasi dan semangat lebih untuk terus bekerja, mempersiapkan dengan sebaik-baiknya pelaksanaan MTQH yang  dilaksanakan pada tanggal 15 sampai 20 November nanti.

“Terima kasih dan penghargaan kami ucapkan kepada Pemprov Babel serta seluruh pihak yang mendukung pelaksanaan MTQH ke 11 tingkat provinsi di Basel, kami berharap pelaksanaan dapat berjalan dengan tertib dan lancar,” imbuhnya.

Sebagai orang nomor satu di Basel, pihaknya berharap para Kafilah Basel dapat mendulang prestasi di ajang MTQH XI tingkat provinsi ini.

“Sebagai tuan rumah, kami berharap para Kafilah Basel dapat meraih prestasi terbaik di MTQH XI pada November mendatang, sehingga selain sukses dalam penyelenggaraan, kita juga sukses dalam meraih prestasi,” tandasnya. (Pra)