Tekan Inflasi, Sekda: Hemat Listrik dan Tanam Cabai di Pekarangan

* Masyarakat Diimbau Jangan Berlaku Konsumtif

PANGKALPINANG, LASPELA – Salah satu cara menekan inflasi dikala bahan bakar minyak (BBM) naik saat ini, ialah berperilaku hemat atau jangan konsumtif, hal ini dikatakan Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pangkalpinang Radmida Dawam yang juga merupakan Ketua Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kota Pangkalpinang.

Radmida telah membuat surat edaran terkait hal ini, ia juga¬† menuturkan rumah tangga harus hemat listrik. “Gunakan listrik sepenuhnya saja, ingat lampu jangan dihidupkan di siang hari jika memang tidak penting, jangan berperilaku konsumtif belilah sesuai kebutuhan,” ujarnya, Jumat (23/9/2022).

Sekda menuturkan, kini masyarakat harus bisa mengatur dan pintar-pintar dalam mengelolah keuangannya. Masyarakat juga diimbau untuk memanfaatkan lahan perkarangan rumah untuk menanam sayur-sayuran hingga cabai.

“Saya juga menanam sayur-sayuran di rumah, cabai dan lainnya, jadi kami makan sayur tanpa ada obat-obatan, kalau mau makan sayur tinggal ambil, ingin cabai tinggal ambil,” ujarnya.

Terlebih masyarakat yang punya lahan rumah yang besar, memanfaatkan lahan kosong merupakan salah satu upaya untuk menekan inflasi, karena komuditas cabai, bawang dan bumbu dapur adalah penyumbang inflasi terbesar.

“Dengan memanfaatkan lahan ini kita tidak beli lagi, buah-buahan juga seperti jeruk kunci, kedondong itu di rumah saya banyak, lebih mudah kalau mau buat lempah kuning tinggal ambil daun kedondongnya, jadi tidak susah beli-beli lagi, jadi jangan putus asa dengan keadaan kita saat ini,” demikian Radmida. (dnd)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: