banner 728x90

Antisipasi Pembobolan Website, Kominfotik Bangka Perkuat Sistem Keamanan

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

SUNGAILIAT, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistika (Kominfotika) Kabupaten Bangka akan melakukan peningkatan kualitas sistem keamanan data.

Salah satunya yakni melakukan pemasangan Secure Socket Layer (SSL) yang merupakan salah satu komponen penting yang wajib dimiliki website.

banner 325x300

Bukan tanpa alasan, tujuan utama pemasangan SSL adalah sebagai pengaman pertukaran data yang terjadi melalui jaringan internet.

“Kita akan melakukan pembelian SSL, agar website Kabupaten Bangka ini tidak bisa dihack,” kata Kadiskominfotik Bangka, Boy Yandra, Selasa (20/9/2022).

Dikatakannya, dengan SSL, transfer data di dalam website menjadi lebih aman dan terenkripsi. Bahkan saking pentingnya, Google Chrome melabeli website tanpa sertifikat SSL sebagai Not Secure.

Tak hanya itu, untuk menghindari adanya peretasan, pihaknya juga akan melakukan pembelian anti virus, yang akan dipasang di seluruh device di perkantoran Pemkab Bangka.

“Kita akan upayakan di setiap tahunnya untuk menganggarkan pembelian anti virus ini,” jelasnya.

Sementara itu, hacker Bjorka tengah menjadi sorotan karena telah berhasil meretas beberapa data rahasia milik pemerintah Republik Indonesia (RI).

Selama tahun 2022, Bjorka berhasil meretas 3 jenis data rahasia, di antaranya 150 juta data penduduk Indonesia, data 1,3 miliar pengguna SIM card, hingga Surat Rahasia BIN ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). (mah)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version