Bupati Bangka Selatan Minta Masyarakat Tanam Cabai

* Upaya tekan inflasi daerah

Bupati Bangka Selatan Minta Masyarakat Tanam Cabai

TOBOALI, LASPELA – Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Bangka Selatan (Basel) Bangka Belitung (Babel) akan membagikan bibit cabai guna menekan inflasi yang ada di daerah itu.

Demikian diungkapkan Bupati Basel, Riza Herdavid mengatakan, hal ini sebagai salah satu upaya pemerintah daerah (Pemda) Basel dalam pengendalian inflasi akibat pengaruh dari kenaikan bahan bakar minyak (BBM)

Masyarakat diminta untuk menanam bibit cabai dari pemerintah minimal lima batang per rumah, dengan harapan masyarakat yang terdampak merasa tidak panik.

“Nanti melalui Dinas Pertanian dan Perikanan mulai tahun depan kami akan melakukan pembagian bibit cabai kepada setiap rumah dengan tujuan menstabilkan inflasi di Basel ini,” kata Riza di Toboali, Selasa (13/9/2022).

Selain itu, Riza menjelaskan untuk Bantuan Langsung Tunai (BLT) atau sembako pemerintah mengharapkan bisa keduanya jika perlu berupa uang yang akan disiapkan oleh Dinas Badan Keuangan Daerah (Bakuda).

Hal ini dikarenakan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) mengeluarkan surat keputusan yang menyatakan anggaran tidak terduga, bisa digunakan untuk menyelesaikan inflasi di daerah.

Apalagi dengan mendapatkan Top Inovasi terkait pengadalian inflasi on bersubsidi ongkir, kemudian juga ada CSO mobile, pasar tani dari provinsi, pihaknya akan berusaha sebisa menghentikan inflasi di Babel khususnya Basel.

“Nanti akan dikonfirmasi berapa nominalnya dan akan segera dibagikan perihal pengandalian inflasi masalah kenaikan bbm bersubsidi harus segera dilakukan mengingat perekonomian masyarakat Bangka Selatan,” jelas Riza.

“Kami harapkan masyarakat jangan khawatir sebab pemerintah terus memperjuangkan perekonomian, walau pun ditengah keterbatasan,” pungkasnya. (Par)