Dilantik Jadi Ketua TP PKK, Dekranasda, Pokja PAUD, BKOW dan Forikan, Sri Utami: Siap Jalankan Sepuluh Program Pokok PKK

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Bangka Belitung (Babel), Ridwan Djamaluddin melantik dan mengukuhkan Pengurus Tim Penggerak PKK, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DEKRANASDA), Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (FORIKAN) Babel Tahun 2022, di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Jumat (26/8/2022).

Pelantikan pengurus ini berdasarkan Keputusan Gubernur Provinsi Kepulauan Babel, Nomor 188.44/406/DP3ACSKB/2022 Tanggal 16 Juli 2022 tentang Pembentukan Pengurus Badan Kerjasama Organisasi Wanita (BKOW).

Adapun susunan kepengurusan BKOW Babel ini yaitu: Ketua Pj Ketua TP PKK, Ketua : Ketua Istri Anggota Dewan, Ketua : Ketua Bhayangkari, Ketua : Ketua Ikatan Adiyaksa dharmakarini, Ketua : Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Korem 045 PD II/Sriwijaya, Ketua: Ketua Jalasenastri Cabang IV Korcab III DJA, Sekertaris : Ketua Ikatan Istri Dokter Indonesia dan Bendahara: Ketua Ikatan Istri Pejabat BUMN Provinsi Kepulauan Babel.

Acara Pelantikan dan Pengukuhan kepengurusan BKOW ini bersamaan dengan pelantikan dan pengukuhan Ketua empat organisasi lainnya yaitu Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD dan Ketua Forikan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung tahun 2022.

Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin dalam sambutannya mengucapkan selamat atas Pelantikan dan pengukuhan ini.

“Saya ucapkan selamat kepada Ibu Sri Utami Soedarsono yang hari ini telah dilantik dan dikukuhkan sebagai Penjabat Ketua TP PKK, Ketua Dekranasda, Bunda PAUD, Ketua Forikan, Ketua BKOW Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, semoga amanah ini dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan,” ujarnya.

Ia menginginkan agar semua peserta yang hadir dapat meningkatkan self awareness dalam pendekatan-pendekatan sosial di masyarakat.

“Saya mengajak Ibu-ibu agar menggerakkan anak-anak muda untuk bersama-sama berperan aktif dalam menurunkan angka stunting dan pernikahan dini, terutama untuk Kabupaten Bangka Barat dan Belitung Timur,” ujarnya.

Menurutnya peran keluarga begitu penting dalam upaya tumbuh kembang keluarga terutama permasalahan stunting dan pernikahan dini yang angkanya masih tinggi.

“Saat ini, konsumsi ikan kita sudah bagus konsumsinya, tetapi kita justru kekurangan ikan, seharusnya ini tidak terjadi, untuk itu diharapkan peran dari Ibu-ibu yang baru dilantik ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa konsumsi ikan ini sangat bagus gizinya, sehingga tumbuh kembang anak pun bagus,” ungkap Ridwan.

Mengenai inflasi yang tinggi di Bpabel, Dirjen Minerba ESDM ini mendorong ibu-ibu untuk meningkatkan produktivitas lahan-lahan atau halaman di sekitar rumah agar dapat memenuhi kebutuhan sendiri.

“Masyarakat kita terkesan lebih konsumtif daripada produktif. Mari kita biasakan kembali, budayakan kebiasaan produktif. Selamat kepada ibu-ibu dan bapak-bapak yang telah dilantik dalam organisasi-organisasi ini,” tambahnya.

Sementara itu, Sri Utami Soedarsono Ridwan Djamalauddin menyampaikan bahwa organisasi yang Ia pimpin merupakan mitra bagi pemerintah yang dapat memajukan dan mengembangkan potensi daerah.

“Tim Penggerak PKK, Dekranasda, Bunda PAUD, BKOW, dan Forikan adalah mitra-mitra pemerintah yang dapat memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam pencapaian target pembangunan dan kesejahteraan masyarakat,” jelas Sri Utami.

Ia juga menjelaskan, TP PKK akan tetap terlibat dalam menjalankan program dan kegiatan pemerintah dalam Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

“Tim Penggerak PKK adalah tim yang selalu siap dalam keadaan apapun untuk mewujudkan program pemerintah yang teraplikasi melalui Sepuluh Program Pokok PKK,” sebutnya.

Ia menambahkan, pihaknya sudah siap untuk terjun kelapangan untuk mengatasi masalah stunting di Babel ini.

“Mari kita maju bersama dan bergerak bersama-sama dalam menjalankan sepuluh program pokok PKK ini. Sehingga apa yang menjadi target kita dapat tercapai. Termasuk dalam penurunan angka stunting,” tutupnya.(chu)