Salatkan Jenazah Kamaruddin AK, Pj Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin: “Beliau orang baik..”

PANGKALPINANG, LASPELA – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Bumi Serumpun Sebalai berduka. Tokoh agama sekaligus Ketua Pimpinan Wilayah (PW) Muhammadiyah Bangka Belitung (Babel) Drs. Kamaruddin bin Abdul Kadir, berpulang ke rahmatullah.

Almarhum wafat pada Rabu (17/8/2022), di Rumah Sakit Bhakti Timah (RSBT) sekitar pukul 00.30 WIB. Duka cita turut dirasa segenap jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Babel, yang disampaikan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Babel Ridwan Djamaluddin, saat ikut menyalatkan sang ulama, di Masjid Muhajirin Pangkalpinang.

Bagi Pj Gubernur Ridwan, almarhum yang karib disapa Kamaruddin AK, merupakan tokoh agama, dan ulama besar. Kepergian almarhum menjadi kehilangan bagi masyarakat, khususnya bagi umat Islam yang ada di Babel. Kamaruddin juga memiliki jasa yang besar bagi provinsi.

“Babel berduka atas kepergian H. Komaruddin bin Abdul Kadir. Saya selama ini sering berinteraksi dengan almarhum. Saya sangat berkeyakinan bahwa almarhum adalah orang baik, orang yang sangat baik, orang yang sangat banyak jasanya bagi masyarakat di Babel,” ujar Pj Gubernur Ridwan.

Ia pun mengajak seluruh masyarakat Babel untuk meneladani sosok almarhum, baik dari sisi kepemimpinan yang ditunjukkannya semasa memimpin Muhammadiyah, organisasi besar. Keteladanan juga dapat diikuti dari sisi kepribadian yang sangat bersahaja.

Kepada keluarga almarhum, Pj Gubernur Ridwan berpesan untuk tetap bersabar menghadapi ujian dari Allah SWT. Ia pun mendoakan agar almarhum dan istri, yang juga meninggal dunia empat hari lalu, untuk senantiasa dalam lindungan sang Khalik.

“Selamat jalan ulama besar sekaligus tokoh agama Islam di Babel. Semoga jasa-jasamu selama hidup di dunia menjadi amal ibadah ketika menghadap sang Khalik,” ujarnya.

Iring-iringan doa dipanjatkan oleh ribuan peziarah, mulai dari salat jenazah, hingga menuju pemakaman. Kamaruddin sendiri dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Semabung Baru, dekat Masjid A-Taqwa, Pangkalpinang.(ril/chu)