Buah Pinang Punya Khasiat Menambah Stamina, Bupati Sudah Mencoba

SUNGAILIAT, LASPELA — Bupati Bangka Mulkan, menyebut bahwa sari buah pinang memiliki khasiat yang tinggi, terlebih untuk menambah stamina tubuh.

“Pinang ini luar biasa, kalau di Lombok itu ada namanya sari pinang. Sari pinang ini khususnya untuk laki-laki bisa menambah energi yang luar biasa. Pak bupati sudah mencoba itu,” kata Mulkan, usai menghadiri penanaman pohon pinang di Pantai Matras, Sabtu (6/8/2022).

Selain itu, kata Mulkan, pohon pinang memiliki segudang manfaat lainnya, mulai dari akarnya sampai pelepah, atau daunnya.

“Pohonnya biasa kita gunakan untuk lomba-lomba di acara 17-an (panjat pinang). Pelepahnya juga bisa dibuat kerajinan, karena ada masyarakat kita yang menggunakan untuk kerajinan tangan, dan juga manfaat lainnya” ucapnya.

Untuk itu, ajak dia, pohon pinang harus terus dilestarikan, karena memiliki nilai manfaat yang besar. “Kalau kita hanya menebang dan gak pernah menanam, ini (pinang) akan punah,” katanya.

Acara penanaman pohon pinang ini dilakukan oleh Vitara-Escudo-Sidekick (VES) Community Bangka Belitung. Sedikitnya 2.000 batang pohon ditanam di pinggiran Jalan Pantai Matras.

“Jadi, 1.500 batang itu pohon pinang, dan 500-nya lagi pohon ketapang hias dan jambu mete,” kata ketua VES Community Bangka Belitung Insyira Subagia. (mah)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: