Rp1,3 M Dianggarkan Pemprov Babel untuk Peringatan HUT RI

PANGKALPINANG, LASPELA – Dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 77 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 mendatang, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) menganggarkan dana sebesar Rp1,3 miliar. Walau dinilai kurang, Kepala Badan Kebangsaan Bandan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Babel, Toni Batubara menegaskan bahwa pihaknya siap mencari solusi atas permasalahan tersebut.

“Dengan anggaran Rp1,3 miliar yang dikucurkan tersebut memang masih dinilai sangat kurang. Apalagi adanya penambahan acara seperti gowes hingga perlombaan lari yang di usulkan Pj Gubernur Babel guna memeriahkan acara HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Provinsi Bangka Belitung ini,” terangnya saat rapat persiapan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, bertempat di Ruang Pasir Padi Kantor Gubernur Babel, Jumat (05/08/2022).

Untuk penambahan anggaran, Toni menilai sulit dilakukan. Namun, ada kemungkinan akan melibatkan partisipasi pihak lain yangt tidak mengikat.

“Seperti CSR atau mitra, kalo anggaran kita sudah fix. Anggaran itu meliputi semua seperti panitia, karnaval, juga termasuk bantuan untuk veteran perjuangan,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa pawai akan dilaksanakan Sabtu dan Minggu tanggal 20-21 Agustus 2022 mendatang. Sementara panitia juga sudah siap untuk kegiatan lainnya mulai dari renungan suci, mendengar pidato kenegaraan, upacara bendera, ziarah ke makam pahlawan, tabur bunga, dan pemberian remisi ke lapas.

“Alhamdulilah semua panitia sudah siap, nanti selain kegiatan rangkaian perayaan itu, ada kegiatan lain khusus pengembira diantaranya ada Babel Run untuk 5 KM dan 25 KM, ada kegiatan penghijauan, dan juga ada gowes ini pesertanya sudah sampai 700-an orang sampai sekarang. Kita harap ini dapat berjalan dengan lancar,” tutupnya. (wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: