Nenek Asnah Sumringah Terima Rumah Layak Huni dari PT Timah Tbk

◾Masih Dalam Momentum HUT ke 46 PT Timah Tbk

PANGKALPINANG, LASPELA – “Habis salat maghrib waktu itu hujan dan angin, nenek sudah berdoa semoga rumah tidak roboh. Tidak lama setelah salat rupanya semuanya roboh. Kami hanya bisa melihat,” cerita Nenek Asnah (78) dengan haru saat menerima Rumah Layak Huni dari PT Timah Tbk di kediamannya di Kelurahan Melintang, Kota Pangkalpinang, Kamis (4/8/2022).

Wanita yang kerap disapa Asnah Datok ini terlihat sumringah memandangi rumah barunya yang bercat putih dan biru, dirinya tak henti-hentinya bersyukur karena rumahnya yang roboh telah dibangun kembali.

Penyerahan rumah layak huni merupakan rangkaian dari HUT ke 46 PT Timah Tbk yang jatuh pada 2 Agustus lalu. Penyerahan Rumah Layak Huni ini turut dihadiri Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil, Kepala Dinas di Lingkungan Pemkot Pangkalpinang, Kepala Divisi CSR PT Timah Tbk Ebbi Wibisana, Lurah Melintang dan masyarakat sekitar.

Asnah menceritakan, dirinya sudah puluhan tahun menempati rumah itu bersama cucu dan cicitnya. Dulu kata dia rumah yang ditempatinya itu sewa, namun setelah ada rezeki mereka bisa membeli rumah itu dan sempat diperbaiki. Setelah puluhan tahun itu, rumahnya tak pernah lagi diperbaiki dengan kondisi ekonomi keluarga.

Saat hujan, kata dia, rumahnya kebocoran, belum lagi kayu-kayu yang sudah mulai rapuh. Tak heran jika rumah itu bisa roboh dengan cepat hanya dengan hantaman angin.

“Kami melihat kayu-kayu dan genteng jatuh, tidak bisa berbuat apa-apa lagi. Saya langsung ke rumah RT bilang kalau rumah saya roboh. Saya bersyukur rumah dapur ini dulu sempat diperbaiki Pemerintah jadi tidak ikut roboh,” ujarnya.

Saat itu, dirinya tak henti-hentinya berdoa agar rumah bisa diperbaiki lagi, karena mereka tak punya uang untuk memperbaiki. Nenek Asnah menceritakan dirinya hidup ditanggung oleh cucunya yang bekerja sebagai penjaga parkir.

“Alhamdullillah senang bukan lagi seneng, lebih dari seneng, syukur tiada henti. Setiap salat saya berdoa agar PT Timah Tbk terus maju. Saya berdoa orang-orang yang membantu kami berkah RT, semuanya,” ucapnya.

Di usia senjanya, Nenek Asnah tak perlu lagi was-was akan tempat tinggal. Ia sudah memiliki rumah yang layak dan nyaman. Ia berharap nantinya cucu dan cicitnya juga lebih tenang.

“Enggak was-was takut rumah roboh lagi nenek, Alhamdullillah sudah bagus dan nyaman. Nanti segera pindah,” ceritanya.

Lurah Melintang, Imam Firdaus mengatakan, keluarga Nenek Asnah merupakan warga yang wajib dibantu. Asnah juga merupakan penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan kerap mendapatkan bantuan.

Sekitar dua bulan yang lalu, Ia mendapat kabar dari ketua RT 3 tentang kondisi rumah Nenek Asnah yang hampir roboh. Tak berselang lama, rumahnya roboh. Untuk itu, mereka berinisiatif mengajukan proposal untuk perbaikan rumah Nenek Asnah.

“Akhirnya kita mengajukan bantuan ke PT Timah Tbk, Alhamdullillah PT Timah Tbk merespon dengan cepat dalam dua hari sudah disurvei. Nenek sampai termenung saking terharunya. Nenek Asnah penerima PKH. Nenek Asnah tinggal sama cucu dan cicitnya yang mengalami gangguan mental,” jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Pangkalpinang, Maulan Aklil mengapresiasi PT Timah Tbk yang kembali membantu masyarakat kota Pangkalpinang. Menurutnya, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perlu dukungan dari berbagai pihak termasuk PT Timah Tbk.

“Saya mewakili masyarakat Kota Pangkalpinang mengucapkan beribu terima kasih kepada PT Timah Tbk melalui sudah membantu masyarakat kami, yang memang terasa banget di masyarakat. Ditengah kesulitan anggaran yang defisit. Kami memang perlu pihak ketiga untuk membantu kami dalam membantu masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Ia menyebutkan, program rumah layak huni yang dijalankan PT Timah Tbk ini sejalan dengan program Pemkot Pangkalpinang.

“Pemkot Pangkalpinang juga terus mengentaskan rumah tidak layak huni masyarakat kami berharap PT Timah bisa membantu kami juga. Semoga PT Timah Tbk jaya terus,” sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur SDM PT Timah Tbk, Yennita mengatakan, pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat sebagai upaya perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Program Rumah layak huni ini juga dilaksanakan di seluruh wilayah operasional perusahaan, tahun 2022 ini, PT Timah Tbk telah membangun rumah layak huni bagi masyarakat di Kabupaten Bangka Selatan dan Kabupaten Bangka Tengah, serta Kota Pangkalpinang.

“Ini program yang sudah lama dilakukan PT Timah Tbk dan dilakukan setiap tahun. Ini merupakan komitmen PT Timah Tbk untuk membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” sebutnya. (ril/wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: