Dihantam Badai, Kapal Nelayan Tenggelam di Perairan Pulau Dapur

TOBOALI, LASPELA – Kapal nelayan tradisional KM Camar Laut 2
dikabarkan tenggelam di laut Sarang Layang, Pulau Dapur, Bangka Selatan, Jumat, 5 Agustus 2022 pukul 08.00 Wib.

Kasat Polairud Polres Bangka Selatan, Iptu Rio Pranata Tarigan mengatakan kapal nahas milik Jun tersebut berangkat pada Jumat, 5 Agustus 2022 pukul. 03.30 wib menuju arah Pulau Dapur dan Turun jangkar di perairan laut Sarang Layang.

“Pada pukul 06.00 Wib cuaca tiba tiba buruk dan menyebabkan gelombang tinggi, dikarenakan papan lambung kiri terbuka maka kapal mengalami kebocoran dan air tidak terbendung sehingga mengakibatkan kapal terbalik dan tenggelam,” kata Rio, Jumat, 5 Agustus 2022.

Ia mengungkapkan, 2 orang ABK sempat hanyut dan berpegang pada fiber, sedangkan kapten kapal berpegang pada kapal yang masih mengapung terbalik. Kemudian ada 2 kapal nelayan sekitar yang melihat dan langsung menyelamatkan para ABK kapal tersebut.

“Pukul 06.30 Wib nelayan menyampaikan info ke keluarga korban dan keluarga ABK menyampaikan info ke Satpolair. pukul 08.00 Wib tiba kapal lainnya untuk menarik kapal terbalik dan Pukul 09.00 Wib kapal berhasil diselamatkan dan dibawa kembali ke pelabuhan Sukadamai,” sebutnya.

Sementara, lanjut dia pukul 10.00 Wib personil Satpolair dan TNI AL turun ke laut mengawal proses penarikan kapal ke pelabuhan Sukadamai. Kendati demikian, kapal belum bisa bersandar karena posisi kapal masih kandas.

“Titik koordinat kapal KM Camar laut 2 yang tenggelam di 03° 09′ 136 ‘S – 106° 26’ 239″ T. Ketiga ABK warga Sukadamai semuanya selamat yakni capt Suhardi (35), Amar (28) dan Ridho (22),” terang dia. (Pra)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: