Bahas Kesiapan G20 Bersama Kelompok Masyarakat di Belitung, Pj Gubernur Lakukan Town Hall Meeting

TANJUNGPANDAN, LASPELA – Usai melakukan pertemuan di momen “Kelakar Gawai G20” bersama pejabat dan para tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh agama, Rabu malam (3/8/2022) Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin melakukan Town Hall Meeting bersama Bupati Belitung Sahani Saleh dan Anggota DPRD Babel Hellyana, di KV Senang di Warung Mak Jana, Tanjungpandan.

Kegiatan ini merupakan audiensi bersama kelompok masyarakat dari berbagai perwakilan seperti Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Belitung, Ikatan Supir Pariwisata Belitung, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Belitung, General Manager Hotel yang ada di Belitung, pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), pegiat desa wisata, pengelola travel agent, pemandu wisata di Belitung, kelompok pecinta alam Belitung, dan pelaku wirausaha di Belitung.

Audiensi ini dilakukan guna menampung saran serta mengajak masyarakat Belitung untuk terlibat dalam persiapan yang dilakukan menjelang perhelatan pertemuan tingkat menteri pembangunan Development Working Group (DWG) G20 di Belitung pada tanggal 7-9 September 2022 nanti.

Berbagai masukan dan saran diutarakan oleh peserta yang hadir, seperti kondisi antre BBM di Pulau Belitung yang panjang.

“Saya menyarankan masyarakat Belitung untuk mempercepat vaksinasi booster, karena itu akan kita jadikan kampanye antisipatif kita. Setelah pertemuan malam ini, kita juga perlu membuat jalur komunikasi untuk koordinasi lebih lanjut dan untuk BBM akan kita catat untuk tambahan pasokan serta kita atur jadwal pengisian lebih lanjut,” ujar Pj Gubernur Ridwan.

Salah seorang warga yang hadir menyampaikan ide bahwa Belitung harus banyak membangun icon baru, seperti melukis mural tentang sejarah Belitong dari abad ke-7.

Pj Gubernur Ridwan menanggapi positif ide ini. Menurutnya ide ini harus segera direalisasikan dan dicari media untuk melukis mural yang tepat, mengingat waktu pelaksanaan G20 yang tak lama lagi.

Berbagai dukungan mengalir termasuk dari komunitas pecinta alam Belitung yang menyatakan akan membantu dari segi edukasi pencinta lingkungan, mengajak siswa sma/smk, pemuda di luar sekolah untuk edukasi langsung dan berpartisipasi bergerak melakukan pembersihan di pantai-pantai.

Sementara dari perwakilan Gerakan Masyarakat Wirausaha (Gemawira) sekaligus pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) menyatakan bahwa Gemawira mendapat instruksi dan mandat khusus dewan penasehat yakni Menteri Sandiaga Uno dan pihaknya siap mengawal serta menyukseskan G20 ini.

Namun kendalanya kami sebagai pelaku UMKM sampai saat ini kebanyakan belum mendapatkan izin usaha, izin edar, termasuk sertifikat halal. Untuk itu dirinya meminta Bupati Belitung untuk memfasilitasi ini, agar produk yang ditawarkan memiliki sertifikat halal.

Perwakilan dari KNPI Belitung pun malam ini menyatakan kesiapan untuk menjadi _volunteer_ untuk acara G20 nanti. Selain itu, perwakilan Desa Wisata Nusantara (Dewisnu) Belitung juga siap mendukung suksesnya G20, termasuk tersedianya tour guide maupun desa wisata.

Dari perwakilan travel agen Belitung, memberikan masukan di antaranya perbaikan infrastruktur dan arus lalu lintas kendaraan di bandar udara ya g sering macet, serta infrastruktur di destinasi wisata terutama di Pulau Lengkuas seperti penambahan dan perbaikan untuk fasilitas toilet umum.

Berbagai masukan tersebut ditampung dan akan segera ditindaklanjuti. Pj Gubernur Ridwan juga mengatakan nanti akan dibuatkan buku panduan yang sedang disempurnakan dan bisa juga dalam bentuk digital untuk wisatawan, terkait pusat oleh-oleh maupun tempat kuliner yang menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. (ril/wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: