Oktober, Gebyar Pariwisata dan Sport Tourism Bakal Digelar di Bangka

SUNGAILIAT, LASPELA — Setelah sukses menggelar Bangka Expo dan Sungailiat Adventure Trail (SAT) 2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) kembali menggelar Gebyar Pariwisata, dan Sport Tourism yang akan dilaksanakan Oktober mendatang.

Kepala Disparbud Bangka Rismi Rismi Wira Madonna mengatakan, event tersebut digelar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan dari luar daerah ke Bangka.

“Event motor King kemarin merupakan agenda pertama dalam SAT. Nanti akan kita gelar juga event motor trail dan Jeep, yang sepenuhnya di-support oleh Dinas Pariwisata dan kebudayaan Bangka,” kata Rismi, Kamis (4/8/2022).

Selain itu, mantan Camat Merawang ini mengatakan, pihaknya juga akan menggelar sport tourism yakni Duathlone.

Namun demikian, kata Rismi, Duathlone kali ini tidak lagi menggunakan lokasi wisata pantai, melainkan di dalam Kota Sungailiat.

“Tapi sifatnya itu city tour. Artinya, berada di dalam kota bukan di wisata pantai lagi. Hal ini bertujuan untuk memperkenalkan kota Sungailiat kita nanti,” ucapnya.

Dikatakannya, jumlah pengunjung atau wisatawan yang datang ke Bangka mengalami peningkatan. Meski belum begitu signifikan, namun pihaknya yakin melalui event-event nasional nanti, pariwisata Bangka akan kembali bangkit pasca Pandemi Covid-19.

“Efek sudah mulai terasa. Kita kan tujuannya nge-branding. Kenapa tema yang kita angkat ‘Exotic Bangka’, karena kita banyak memiliki destinasi populer. Tapi tergantung kita, apakah kedepannya sektor pariwisata menjadi sektor unggulan kita. Dan kita sudah mulai nge-branding sekarang,” katanya.

Tak hanya itu, ia juga mengatakan, pihaknya terus mendorong destinasi dan para pelaku usaha melalui pemberdayaan dan peningkatan kapasitas SDM. (mah)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: