Banyak Event Berskala Nasional, Kunjungan Wisatawan ke Bangka Meningkat

SUNGAILIAT, LASPELA — Dengan banyaknya event yang digelar dalam beberapa pekan terakhir, tingkat kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bangka mengalami kenaikan.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangka Rismi Wira Madonna mengatakan, kenaikan itu bisa dilihat dari keterisian tamu hotel yang selalu penuh di setiap pekannya.

“Kita melihat dari lalu lintas tamu hotel, lumayan penuh dalam setiap pekannya, terutama di hari libur. Apalagi dengan banyaknya event digelar, grafiknya terjadi peningkatan,” ungkapnya, Kamis (4/8/2022).

Dengan terjadinya peningkatan kunjungan ini, pihaknya terus melakukan pemberdayaan dan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), serta pelaku ekonomi kreatif.

“Ini menjadi perhatian serius kita dengan diberikan pembekalan dan pelatihan. Pemberdayaan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang terus didorong bersama-sama membangun, dan mengembangkan sektor pariwisata,” ucapnya.

Dia menyebut, Kabupaten Bangka yang memiliki banyak destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, akan terus dikembangkan, dan dipromosikan agar bisa dikenal masyarakat luar.

“Oleh karena itu, kita masifkan promosi wisata, baik melalui media sosial dan lainnya. Mulai dari sekarang kita memperkenalkan, dan mempromosikan produk-produk unggulan yang kita miliki,” katanya.

Ke depan, kata Rismi, pihaknya juga akan menggelar event-event yang berskala nasional lainnya untuk memancing wisatawan luar daerah datang ke Kabupaten Bangka.

“Dengan banyaknya event ini, masyarakat yang tadinya tidak tahu jadi penasaran. Bangka sering menggelar kegiatan untuk sport tourism, jadi penilaian tersendiri oleh pusat yang mungkin bisa dimasukkan dalam kalender nasional kepariwisataan,” ucapnya. (mah)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: