Pramuka Bangka Jangan Bengong, Harus Punya Program Kerja

SUNGAILIAT, LASPELA — Meina Lina resmi dilantik menjadi Ketua Majelis Pembimbing Satuan Kerja (Saka) Kalpataru Kwartir Cabang (Kwartir) Bangka, untuk masa jabatan 2022-2027, Selasa (2/8/2022).

Pelantikan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangka ini dilakukan langsung oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Bangka, Yusmiati Mulkan, dan disaksikan oleh Bupati Bangka Mulkan, beserta kepala perangkat daerah (PD) terkait.

Mulkan meminta pelantikan pengurus Saka Kalpataru ini bukan hanya sekadar seremonial saja, melainkan harus memiliki program kerja yang jelas.

“Jabatan yang diemban harus dilaksanakan sebaik-baiknya. Ini bukan hanya seremonial, tapi setelah pelantikan harus ada program kerja yang jelas. Jangan bengong, harus segera disusun programnya,” kata Mulkan.

Saka Kalpataru ini, kata Mulkan, memiliki tugas yang berat, yakni menjaga ekosistem lingkungan agar terjaga dengan baik.

“Harus menanamkan rasa tanggung jawab terhadap lingkungan. Jangan sampai ada perambahan-perambahan atau kerusakan terhadap lingkungan oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab,” ucapnya.

Sementara itu, ketua Kwarcab Pramuka Bangka Yusmiati Mulkan mengatakan, pemilihan Saka Kalpataru ini dilakukan selama lima tahun sekali.

“Alasan kenapa kita menunjuk Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) karena mereka ini memang tupoksinya (tugas, pokok, dan fungsi) di bagian lingkungan,” kata Yusmiati.

“Jadi untuk kelengkapannya, kita juga melibatkan Pramuka untuk Saka Kalpataru ini,” tambahnya. (mah)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: