Pemerintah Siapkan 6,7 Juta STB Televisi Digital Gratis bagi Masyarakat Miskin

PANGKALPINANG, LASPELA – Anggota Komisi I DPR RI Daerah Pemilihan Bangka Belitung (Babel), Rudianto Tjhen mengatakan, saat ini Pemerintah telah menyiapkan 6,7 juta Set Top Box (STB) televisi digital gratis bagi keluarga yang kurang mampu di Indonesia. Proses pembagiannya sudah berjalan mulai 30 April lalu termasuk di Babel.

“Saat ini pembagian baru berjalan di daerah Pangkalpinang dan Bangka Tengah sudah mulai Analog Switch Off (ASO),” kata Rudi usai dialog digitalisasi dengan tema “Ngopi Digital” diselenggarakan oleh KPID dan TVRI Babel di Laa Terase Pangkalpinang, Jumat (29/7/2022) malam.

Ia mengatakan, STB gratis ini akan dibagikan kepada masyarakat yang kurang mampu yang masih menggunakan tv tabung atau tv analog. Sementara saat ini sudah beralih ke siaran digital atau ASO.

“Kita sudah pernah bagi-bagi STB bersama Kominfo, tetapi daerah yang lain masih tahapan pada 25 Agustus dan 3 November ini,” ujarnya.

Lanjut Rudi, pemerintah menargetkan pada 2 November 2022 ini total di Indonesia sudah beralih ke siaran digital.

“Pemerintah juga akan membagikan STB ini kepada daerah yang mulai diberlakukan siaran digital,” jelasnya.

Dia menambahkan, untuk kabupaten lain yang belum menggunakan ASO akan dibagikan STB sesuai dengan jadwal kapan ASO di daerah itu.

“Kominfo bersama dinas sosial akan mendata dan mencari dan akan diberikan oleh pemerintah (STB),” jelas Politisi PDI-P ini.

Lanjut Rudi, untuk ASO pada 2 November 2022, tidak ada lagi cerita analog.

“Saya pikir ini sesuatu yang disiapkan oleh pemerintah untuk kita. Tv digital inikan gambarnya tidak berbayang lagi, jernih, gak ada bintik-bintik. Saya pikir ini kabar gembira kepada masyarakat Indonesia ini,” tutupnya. (wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: