Pasar Ratu Tunggal Direnovasi, Pedagang Diungsikan Ke Pasar Kranas

PANGKALPINANG, LASPELA – Renovasi pasar di kawasan Ratu Tunggal yang dilakukan oleh Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) Kota Pangkalpinang mengharuskan ratusan pedagang di pasar daging dan buah untuk sementara pindah tempat berjualan. Kepala Dinas Disperindagkop dan UMKM, Donal Tampubolon menuturkan, pedagang yang berjualan di pasar daging telah dipindahkan ke Tempat Penampunangan Sementara (TPS) yang tidak jauh dari lokasi pasar yang sedang direnovasi, tepatnya di Pasar Kranas, Kamis (28/7/2022).

“Untuk pedagang daging dan buah kita pindahkan ke TPS yang lokasinya didekat situ, lalu kedepan renovasi pasar burung ada 51 pedagang akan kita pindahkan juga ketika proyek tersebut akan berjalan,” ujarnya.

Ia berharap dengan ini, pedagang tetap mematuhi peraturan yang telah Pemerintah Kota Pangkalpinang tetapkan, karena hal ini juga merupakan bentuk perhatian Pemerintah Kota.

“Kita tidak melarang mereka untuk berjualan, jangan sampai ada stigma negatif jika Pemkot tidak perhatian, justru ini bentuk perhatian kita, jadi para pedagang harus mematuhi itu,” ujarnya.

Sementara untuk biaya sewa nanti tentu akan ada penyesuaian dengan tetap tidak akan memberatkan pedagang.

“Nanti kita bahas lebih lanjut, intinya kita tetap tidak akan memberatkan para pedagang,” ujarnya.

Donal juga menjelaskan pada renovasi itu pihaknya membangun beberapa fasilitas diantaranya tempat parkir, agar para pedagang tidak lagi berjualan di trotoar jalan. (dnd)