DKUP Sarankan Pelaku Usaha Laut Bermitra dengan Pengusaha Tambak

MUNTOK, LASPELA — Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perindustrian (DKUP) Kabupaten Bangka Barat (Babar) Aidi, menyarankan agar pelaku usaha yang menyajikan makanan laut, dapat bermitra dengan pengusaha tambak.

Menurut Aidi, saat ini makanan hasil laut lebih mendominasi dibanding produk dari buah-buahan dan umbi-umbian. Untuk itu, ia menyarankan pelaku usaha bersinergi, salah satunya dengan tambak udang.

“Harusnya nanti para industri ini harus bersinergi dengan bahan yang sudah tersedia saat ini. Bisa bermitra kepada pengusaha udang. Saya pikir itu sangat terbuka peluangnya, kebetulan di Bangka Barat masih banyak pengusaha tambak yang mengirimkan hasilnya ke luar,” ungkapnya, Rabu (20/7/22).

Namun, dirinya kembali menyerahkan keputusan tersebut ke pelaku industri produk makanan hasil laut. Namun, jika berminat pihaknya akan memfasilitasi untuk hal tersebut.

“Kami siap untuk memfasilitasinya. Kami dukung mereka dan melihat apa persoalan mereka naik disisi permodalan, pemasaran, dan izinnya maupun kemitraan, kami akan bantu,” katanya.

Kemudian Aidi juga menyarankan, untuk pelaku UMKM yang masih terkendala modal, bisa mengajukan Kredit Usaha Rakyat (KUR). Untuk persyaratannya juga mudah, apalagi ada rekomendasi dari dinas. (Oka)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: