banner 728x90

Disperindag Sumut Belajar tentang Pengelolaan Rumah Kemasan ke UPTD RPK Disperindag Babel

banner 468x60
FacebookTwitterWhatsAppLine

PANGKALPINANG, LASPELA – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatra Utara (Sumut) melakukan kunjungan kerja ke UPTD Rumah Promosi dan Kemasan (RPK) Disperindag Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) dalam rangka studi banding belajar tentang pengelolaan rumah kemasan, Rabu (13/7/2022). Rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Disperindag Babel, Deki Susanto beserta jajaraanya, serta Kepala UPTD RPK Babel.

“Dengan adanya kunjungan tersebut selain dapat mempererat tali silaturahim antara Disprindag Provinsi Babel dan Disperindag Provinsi Sumatra Utara, diharapkan juga menjadi motivasi bagi UPTD RPK untuk lebih baik lagi ke depannya dalam mengembangkan dan melayani masyarakat,” ujar Deki.

banner 325x300

Ia menjelaskan bahwa berdirinya UPTD RPK Babel memerlukan perjuangan yang kuat dan komitmen yang tinggi. Semua pihak terutama pimpinan dan kepala daerahnya terus berupaya memajukan sektor IKM dan UMKM dari sisi kemasan.

“UPTD RPK Babel ini baru berdiri dua tahun namun sudah banyak gebrakannya dan cepat, karena kepala daerah sangat fokus sekali untuk mengembangkanya, dengan harapan IKM atau UMKM Babel bisa membuat kemasan, salah satu konsumen melirik sebuah produk itu karena kemasannya menarik,” jelasnya.

Sementara itu, ketua rombongan Disperindag Sumut, M. Taupik Lubis menjelaskan tujuan mereka ke Babel untuk menggali lebih dalam tata kelola rumah kemasan sebagai mana seharusnya. Harapannya, rumah kemasan yang ada di Disperindag Sumut dapat melayani para pelaku IKM makanan dan minuman secara efektif dan efesien sehingga menjadi standar pelayanan yang berkelanjutan.

“Disperidag kami baru ada rumah kemasan. Sedangkan di Babel sudah menjadi UPT. Mudah- mudahan kunjungan ini dapat menyerap ilmu dan pemahaman. Apa yang kami lihat, dengar, bisa kami sampaikan kepada pimpinan. Kita ke sini belajar kepada yang muda, karena yang muda lebih kreatif,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala UPTD RPK Disperindag Babel, Alatah Suriaan menambahkan bahwa dirinya sangat bangga karena telah dikunjungi oleh Disperindag Sumatra Utara.

“Oleh karenanya jadikan kunjungan ini untuk bisa saling berdiskusi dan bertukar pemahaman mengenai regulasi dan program serta pengembangan rumah kemasan,” ujarnya.

Usai melakukan diskusi, rombongan Disperindag Sumatra Utara langsung melihat proses pencetakan kemasan, perlengkapan, SDM dan berkeliling melihat bangunan UPTD. RPK Babel. Dilanjutkan melakukan kunjungan kerja ke IKM.(wa)

banner 325x300
banner 728x90
Exit mobile version