Pemkab Babar Berencana Merelokasi Kampung Tanjung Laut

MUNTOK, LASPELA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Barat (Babar) berencana merelokasi perumahan masyarakat di kawasan Kampung Tanjung Laut, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Babar.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Perhubungan (Disperkimhub) Babar Hanson, mengatakan saat ini pihaknya sedang melakukan pengkajian mulai dari lahan untuk pembangunan rumah, serta penyusunan Detail Engineering Design (DED).

“Masalah lahan kalau tanahnya bukan milik pemerintah sedikit sulit karena harus ganti rugi, sedangkan saat ini kita tidak ada uang lagi. Untuk rencana relokasi ini sangat bagus, kami sangat mendukung rencana kepala daerah,” ungkapnya, Sabtu (2/7/22).

Disamping itu, Kepala Bidang (Kabid) Perumahan Disperkimhub Babar Surya Mardiansyah mengatakan, untuk memulai relokasi pihaknya akan mendata dulu warga di kawasan tersebut.

Pihaknya kata Surya, saat ini masih menunggu penetapan bahwa Kampung Tanjung Laut adalah daerah rawan bencana. Diketahui, lokasi tersebut memang kerap dilanda banjir rob.

“Memang kita tahu Kampung Tanjung Laut sering terjadi bencana. Kalau itu belum ditetapkan kami belum bisa merelokasinya. Ketika sudah ditetapkan kami baru identifikasi lahan potensial dulu,” katanya.

Kemudian, setelah ditetapkan Surya mengungkapkan pihaknya akan menentukan lahan yang menjadi tempat relokasi, baru pihaknya akan merancangkan DED.

“Jadi, untuk sekarang relokasi belum bisa, kemungkinan kedepannya kita akan bentuk tim. Paling tidak kita identifikasi terlebih dahulu,” ucapnya. (Oka)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: