Pemprov Babel Gandeng LPDP Guna Dorong Pelajar dan Mahasiswa Raih Beasiswa ke Luar Negeri

PANGKALPINANG, LASPELA – Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggandeng Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk memotivasi dan menyosialisaikan program LPDP yang memfasilitasi beasiswa baik di dalam maupun luar negeri.

“Kita menggandeng LPDP ini karena Pemprov Babel ingin Sumber Daya Manusia (SDM) Bangka Belitung memiliki daya saing global,” kata Pj Gubernur Babel, Ridwan Djamaluddin dalam sambutannya saat Seminar Beasiswa Exchanges “SDM Bangka Belitung Mengglobal”, bersama LPDP di Ruang Mahligai, Rumah Dinas Gubernur, Senin (27/6/2022).

Ia berharap, melalui kegiatan ini anak muda Babel termotivasi dan memiliki informasi serta peluang yang lebih besar untuk meraih beasiswa di kampus-kampus ternama dunia.

“Bertarunglah kalian bisa, semoga setelah ini saya tidak melihat kalian di sini, tapi sudah tersebar ke seluruh dunia,” harapnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa kunci sukses tidak hanya dari pendidikan akademis saja, namun harus diimbangi dengan pendidikan karakter.

“Pintar secara akademis tidaklah cukup, tapi milikilah karakter yang kuat dengan meningkatkan softskill. Belajarlah di luar apa yang diajarkan di ruang kelas,” pesannya.

Langkah pertama, kalian harus meruntuhkan tembok penghalang, buang jauh rasa minder, tidak berani, tidak percaya diri, dan merasa orang lain lebih hebat. Jangan pernah merasa kita kalah dari anak-anak muda kota besar.

“Di sini tadi sudah kita saksikan bagaimana tiga orang anak muda Bangka Belitung mampu bersaing dan berhasil mendapatkan beasiswa ke Amerika Serikat,” ujarnya.

“Tugas saya sebagai bagian dari pemerintah adalah membukakan peluang bagi kalian untuk melihat dunia dan bersaing secara global. Di luar sana, kalian harus berani tampil dan jangan pernah ragu bahwa anak muda Bangka Belitung ini bisa,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Beasiswa LPDP, Dwi Larso mengatakan, Pemerintah saat ini menyediakan dana cukup besar untuk meningkatkan SDM bangsa, yang dananya meningkat setiap tahunnya.

“Pada tahun 2020, dana yang dikelola pemerintah ada sekitar 50 Triliun, dan sekarang sudah ada 120 Triliun. Itulah dana yang disisihkan bangsa ini untuk mendidik SDM kita,” ungkapnya.

Dana ini lanjutnya, merupakan bukti sekaligus komitmen pemerintah agar SDM kita mampu mengelola dan meningkatkan nilai Sumber Daya Alam (SDA) bangsa.

“SDA tanpa SDM, ya kita akan kembali seperti dulu. Kita menjual bahan baku mentah ke luar negeri, kita tidak memiliki nilai tambah. Untuk itulah saat ini pemerintah menggelontorkan dana yang besar,” tutupnya.

Saat kegiatan, peserta juga mendapatkan motivasi dari Istri Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Sri Utami Soedarsono. Tidak hanya itu, peserta juga mendapat informasi, tips dan trik jitu untuk meraih beasiswa dari alumni LPDP, Community College Initiative (CCI), dan juga dari Ruang Guru. (wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: