BKKBN Susun Panduan Duta Genre di Tingkat Kecamatan hingga Desa

PANGKALPINANG, LASPELA – Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pembangunan Keluarga (KSPK) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Nopain Andusti, mengungkapkan saat ini BKKBN sedang menyusun panduan agar duta Generasi Berencana (GenRe) dapat meluas dari desa hingga kelurahan.

“Dengan begitu, peran duta GenRe akan semakin optimal bagi pembangunan remaja,” katanya kepada awak media usai menghadiri sekaligus membuka kegiatan Penganugerahan Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Indonesia PIK-R Unggulan dan BKR Unggulan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022, yang berlangsung di Hotel Bangka City, Sabtu (18/6/2022) lalu.

“Saat ini pula kami juga sedang menyiapkan rancangan kebijakan untuk perluasan jangkauan Generasi Berencana dengan memulai pemilihan Duta Genre seperti ini dari desa/kelurahan.
Harapannya akan semakin banyak remaja-remaja yang terjangkau oleh program ini,” sambungnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Babel, Fazar Supriadi mengatakan bahwa BKKBN Babel sangat mendukung terkait rancangan panduan agar duta Generasi Berencana (GenRe) dapat meluas dari desa hingga kelurahan.

“Namun yang menjadi kendala saat ini, untuk memilih duta Genre tidak semudah memilih duta Genre saat ini, harus ada kriteria tertentu seperti apakah duta genre ini untuk tingkat SD atau SMP. Sehingga dengan adanya arahan dari BKKBN akan segera kita pilih,” ujarnya.

“Kita akan berkoordinasi dengan OPD terkait di
tingkat Kecamatan. Dan untuk di Desa saya rasa akan lebih mudah untuk memilih duta genre ini, karena yang lebih paham kan Kepala Desa nya siapa yang baik, siapa yang bisa menjadi contoh untuk duta genre di tingkat desa,” tambah Fazar.(wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: