Pj Gubernur Ridwan Djamaluddin Dampingi Ketua DPR RI Resmikan Gedung RSUD Depati Hamzah

PANGKALPINANG, LASPELA – Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Kep. Babel) Ridwan Djamaluddin, mendampingi Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan Gedung RSUD Depati Hamzah Pangkalpinang, sekaligus pembukaan operasi katarak gratis di rumah sakit itu.

Ketua DPR RI Puan Maharani dalam sambutannya mengatakan, sesuai konstitusi, setiap warga berhak atas pelayanan kesehatan. Masalah kesehatan masih menjadi hal yang utama, ekonomi bisa bangkit jika masyarakat sehat.

“Saya harap RS (RSUD Depati Hamzah) ini sepi yang berobat. Ini bukan berarti RS-nya engga laku, engga mumpuni, tapi karena masyarakatnya sehat,” ujarnya.

Puan Maharani juga mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap melaksanakan protokol kesehatan, dan menjaga pola hidup sehat. Sebab, Covid-19 masih ada, bahkan belakangan ada varian baru Omicron BA.4 dan BA.5.

“Sembuhnya engga cepat, bisa seminggu atau sepuluh hari. Lebih lama, gejala keliatan seperti flu, pilek, batuk, jangan dianggap cuma flu, lebih baik dites, atau diam di rumah dulu hingga sehat. Setiap penyakit ada efek sesudahnya, kita harus hati-hati,” katanya.

“Dengan pola hidup sehat, apalagi di Bangka sinar matahari banyak, menjaga kesehatan bisa dilakukan dengan melakukan olahraga pagi hari yang terpapar sinar matahari. Dengan cara ini Insyaallah orangnya sehat semua. Konsumsi makanan sehat, tidak merokok, melakukan pemeriksaan kesehatan minimal setahun sekali,” ujarnya.

Puan Maharani juga melihat RSUD Depati Hamzah ini akan bermanfaat, dan akan banyak orang sehat dari RSUD ini. Awal memasuki gedung RSUD Depati Hamzah, dirinya juga menyempatkan berbincang dengan beberapa pasien yang terlihat duduk mengantre di depan poli klinik.

Usai memberi sambutan, Puan Maharani, Wali Kota Pangkalpinang Maulan Aklil dan Rudianto Tjen melakukan penandatanganan prasasti, dilanjutkan dengan meninjau ruang poli klinik, laboratorium, dan langsung menuju lokasi operasi katarak yang diselenggarakan oleh Rudi Centre.

Peninjauan Operasi Katarak

Saat meninjau pelaksanaan operasi katarak, Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan operasi ini dilakukan oleh dokter spesialis, dan ini adalah bentuk dari gotong royong dari seluruh pihak.

“Saya harap gotong royong kita ini memang bisa diteruskan kepada keluarga kita, lingkungan kita, seluruh orang yang berada di sekitar kita, bahwa dengan bergotong-royong lah kita ini baru bisa memajukan Indonesia,” katanya.

“Dengan bergotong-royonglah Indonesia itu bisa sehat, dan dengan bergotong-royong lah kita itu bisa bersama-sama dengan masyarakat dan menyejahterakan masyarakat, dan memberikan kesehatan kepada masyarakat. Jadi, jangan pernah takut untuk bersama-sama bergotong-royong,” katanya menambahkan.

Dalam kunjungan kerja ini, Ketua DPR RI juga didampingi oleh Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Rieke Diah Pitaloka, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Charles Honoris, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti, dan Anggota Komisi I DPR RI Rudianto Tjen.

Turut hadir dalam acara ini diantaranya Sekretaris Daerah (Sekda) Kep. Babel Naziarto, Ketua DPRD Kep. Babel Herman Suhadi, Kapolda Kep. Babel Irjen Pol. Yan Sultra Indrajaya, serta pejabat di jajaran Forkopimda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. (ril/wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: