BKKBN Babel Gelar Penganugerahan Duta Genre Tahun 2022

PANGKALPINANG, LASPELA – Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) menggelar Penganugerahan Apresiasi Duta Generasi Berencana (GenRe) Indonesia PIK-R Unggulan dan BKR Unggulan tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2022, yang berlangsung di Hotel Bangka City, Sabtu (18/6/2022).

Deputi KSPK BKKBN, Nopian Andusti dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengatakan, jika melihat fakta dan implementasinya di lapangan, program Genre melalui PIK Remaja (PIK-R) tidak hanya sebagai program pemerintah, melainkan menjadi sebuah gerakan pemuda/remaja dengan semangat voluntary yang didasari oleh kesadaran akan peran dan potensinya serta keprihatinan atas kondisi dan problematika remaja sebayanya.

“Dengan kesadaran akan peran dan potensinya tersebut mereka sukarela menjadi Pendidik dan Konselor Sebaya. Dengan jiwa voluntary-nya mereka sukarela meluangkan waktu bermain dan belajarnya serta uang jajannya untuk memberikan yang terbaik bagi teman sebayanya,” ujarnya.

Dia mengatakan, PIK Remaja adalah wadah kegiatan yang dikelola dari, oleh, dan untuk
remaja dalam upaya pemberian akses informasi,
pendidikan, dan konseling tentang kesehatan
reproduksi, gizi, dan perencanaan berkeluarga bagi remaja. Anak-anak sebagai Pendidik dan Konselor Sebaya dan sebagai Duta Genre adalah aktor-aktor utamanya. Mendengarkan, perhatian, sentuhan, informasi, saran, dan solusi yang kalian berikan kepada remaja-remaja lainnya akan menyelamatkan mereka dari kesalahpahaman, ketidaktahuan, keputusasaan, dan jeratan perilaku berisiko yang bisa mengancam jiwanya.

“Kita semua menyambut baik dilaksanakannya
kegiatan “Penganugrahan Duta Genre Tingkat Provinsi Bangka Belitung Tahun 2022” ini sebagai
upaya untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan
pemberian akses informasi, pendidikan, dan konseling tentang kesehatan reproduksi, gizi, dan perencanaan berkeluarga bagi remaja oleh Pendidik dan Konselor Sebaya di PIK Remaja,” jelasnya.

Nopian menambahkan, pada bulan Juli mendatang pelaksanaan Duta Genre tingkat nasional akan dilaksanakan di Jogjakarta.

“Diharapkan nanti untuk Perwakilan dari Babel dapat mengirimkan Duta Genre yang betul-betul mampu bersaing dengan Duta Genre dari daerah lain,” pintanya.

Lanjutnya, melalui Duta Genre ini yang merupakan Duta para remaja yang akan menyebarkan nilai positif dikalangan remaja itu sendiri seperti pencegahan seks bebas, pendewasaan usia perkawinan, sehingga terhindarnya dari stunting.

“Meski hanya satu tahun masa tugasnya, tetapi seumur hidup menginspirasi remaja-remaja lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Babel, Fazar Supriadi menyampaikan kepada para Duta GenRe yang tidak terpilih jangan berkecil hati.

“Kalian tetap Duta GenRe di hati masyarakat Indonesia, teruslah kembangkan ilmu yang kalian dapat disini dan salurkan kepada remaja-remaja Indonesia lainnya, sesuai dengan tema kali ini, Sewindu Mengabdi Untukmu Negeri,” katanya.

Para Duta GenRe ini diharapkan menjadi motivator Program BKKBN dalam mensosialisasikan kepada masyarakat tentang kependudukan, kesehatan reproduksi, penyiapan kehidupan berkeluarga, pembangunan keluarga melalui Pusat Informasi Konseling (PIK) remaja yang ada di masyarakat, sekolah dan perguruan tinggi.

“Tujuan dari sosialisasi ini adalah  agar para anak muda terhindar dari pernikahan dini, seks bebas, narkoba dan dapat mengurangi kenakalan remaja,” tutupnya. (wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: