50 Rumah Warga Tanjung Terendam Banjir Rob

MUNTOK, LASPELA – Bajir rob kembali menerjang Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Kamis, (16/6) malam tadi, sekitar pukul 20.00 WIB.

Akibatnya, sebanyak 50 warga terendam. Banjir kali ini seperti terus berulang. Diketahui, wilayah tersebut pada Januari 2022 lalu juga terdampak banjir rob yang merendam ratusan rumah.

Kepala BPBD Bangka Barat Achmad Nursyandi mengatakan, saat terjadi banjir rob di Kampung Tanjung Laut, ketinggian air mencapai lutut kaki orang dewasa, namun selang beberapa jam air sudah mulai surut.

“Malam tadi air laut mulai pasang pukul 20.00 WIB, dan memasuk ke permukiman warga pada pukul 20.30 WIB. Puncak rob terjadi pukul 21.21 WIB dengan ketinggian air selutut kaki orang dewasa. Selanjutnya air laut mulai berangsur surut habis pada pukul 23.10 WIB,” jelasnya, Jumat (17/6/22).

Achmad Nursyandi menyampaikan, setelah mengetahui adanya banjir rob, petugas gabungan langsung membantu melakukan evakuasi terhadap harta benda milik warga Kelurahan Tanjung Laut ke tempat yang lebih aman.

“Yang terdampak ada 50 rumah yang dihuni sekitar 200 jiwa. Kami bersama pihak TNI/Polri langsung mendatangi dan mengeceknya ke lokasi rob, kemudian membantu evakuasi barang milik warga,” ungkapnya.

Achmad Nursyandi juga mengimbau warga untuk tetap waspada, lantaran dalam kurun waktu tiga hari  ke depan air pasang laut di sekitar perairan Kampung Tanjung Laut diperkirakan masih cukup tinggi.

“Kami terus melakukan sosialisasi dan mengimbau warga agar siap siaga untuk tiga hari ke depan, karena diperkirakan air laut masih pasang tinggi,” ucapnya. (Oka)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: