Sambut Muskomwil II APEKSI Sumbagsel, Seluruh Elemen Masyarakat Pangkalpinang Diajak Ciptakan Kebersihan, Kenyamanan, dan Keselamatan

PANGKALPINANG, LASPELA – Menyambut Musyawarah Komisariat Wilayah (Muskomwil) II APEKSI Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) yang akan digelar mulai tanggal 8 Juni hingga 10 Juni 2022, Plt. Kepala Dinas Pariwisata Suryo Kusbandoro mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk menciptakan kebersihan dan kenyamanan bersama-sama. Diperkirakan, ada 1.000 lebih tamu yang akan hadir ke Kota Pangkalpinang, baik dari Lampung, Jambi, Palembang, Riau, dan lainnya. Bahkan, sebanyak 100 orang rombongan dari Jambi sudah datang ke Pangkalpinang.

“Kita harus ciptakan kebersihan ketika mereka datang ada kesan bersih di Kota Beribu Senyuman, khususnya para pelaku destinasi wisata harus menciptakan rasa nyaman kepada pengunjung,” ujarnya, Selasa (7/6/2022).

Rasa aman dan nyaman juga harus diperhatikan pada keselamatan wisatawan, karena daya tarik wisata tidak lepas dari kecelakaan. Sesuai dengan pasal 23 huruf sesuai dengan Undang-undang no. 10 tahun 2009.

“Selain berkewajiban memberikan kenyamaan, keramahan, perlindungan keamanan, tapi harus juga berkewajiban untuk melindungi keselamatan wisatawan, baik fisik, spiritual, finansial, politis, emosional, pekerjaan, psikologis dan terhindar dari ancaman terhadap faktor-faktor tersebut,” ujarnya.

Suryo juga menuturkan tahun ini ialah tahun kebangkitan Pariwisata, karena dua tahun sebelumnya sektor Pariwisata mati dikarenakan Pandemi Covid-19.

“Dengan kembali aktifnya sektor Pariwisata kesempatan kita semua untuk dapat kembali memperbaiki semuanya, baik pariwisata, perekonomian, dan kesejahteraan rakyat,” katanya. (dnd)