Keragaman Membaur di Pantai Tuing, Dua Acara Adat Digelar Bersamaan

SUNGAILIAT, LASPELA — Ratusan masyarakat memadati Pantai Tuing yang berada di Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Jumat (3/6/2022). Masyarakat terlihat mulai berdatangan memadati pesisir pantai sejak pukul 11.00 WIB.

Ramainya masyarakat ke pantai itu ternyata dikarenakan adanya acara adat. Hari ini bertepatan dengan tanggal 5 bulan 5 dalam kalender China, sehingga masyarakat keturunan Tionghoa menggelar acara Peh Cun di pantai tersebut.

Tak hanya itu, dalam acara itu juga sekaligus dilakukan sedekah pantai yang merupakan tradisi masyarakat melayu. Upacara tradisi sedekah pantai ini dimaknai sebagai ungkapan syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Terdapat beragam kegiatan yang dilakukan selama perayaan ini berlangsung, salah satunya penampilan barongsai yang dilakukan oleh pemuda-pemuda Thionghoa, serta panggung hiburan rakyat.

Tradisi turun temurun tahun ini juga turut dimeriahkan oleh anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI) Bambang Patijaya, didampingi Ketua DPD Partai Golkar Bangka Firmansyah Levi, dan anggota DPRD Bangka, Romlan.

“Hari ini saya merasa sangat senang dan bangga, karena ada dua kegiatan yang dilaksanakan secara bersamaan. Ini menunjukkan bahwa masyarakat Desa Mapur hidup rukun dan damai berdampingan,” ungkap BPJ, sapaan akrab Bambang Patijaya. (mah)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: