Bantuan Bibit Ikan Nila dari Pemkab Basel Tuai Berkah Bagi Pemdes Airbara


Oleh: Nopranda Putra


AIRGEGAS, LASPELA – Bupati Bangka Selatan Riza Herdavid melakukan panen raya percontohan budidaya ikan nila di kolam air tawas Desa Airbara Kecamatan Airgegas, Selasa, 31 Mei 2022.

Bupati Riza mengatakan program budidaya ikan air tawar ini merupakan salah satu upaya pemenuhan gizi atau protein lokal dalam rangka penanggulangan di Kabupaten Bangka Selatan.

“Mengkonsumsi ikan terbukti meningkatkan kualitas gizi masyarakat, kandungan nutrisi pada ikan dapat mencegah terjadinya stunting pada anak-anak dan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan masa tumbuh kembang anak, selain itu program ini juga sebagai upaya peningkatan ekonomi melalui kewirausahaan,” kata Riza, Selasa, 31 Mei 2022.

Atas inovasi tersebut, Bupati mengapresiasi yang dilakukan Pemdes Desa Airbara sehingga berpotensi meningkatkan taraf perekonomian masyarakatnya.

“Terimakasih untuk Desa Airbara yang sudah maksimal mengelola bantuan dari Pemerintah Bangka Selatan dan untuk desa-desa lainnya yang belum mengajukan program budidaya ikan air tawar ini segera ajukan, pemerintah daerah akan membantu memberikan bibitnya,” ujar dia.

Menurut dia, harga ikan air tawar ini lumayan bernilai ekonomis berkisar antara Rp 40 ribu hingga Rp 50 ribu yang sudah sering dijual masyarakat Desa Airbara ini.

“Alhamdulillah ini salah satu cara kita untuk meningkatkan taraf perekonomian di desa-desa,” ungkap dia.

Bupati Riza berharap desa lain yang ada di Kabupaten Bangka Selatan untuk mengikuti jejak Desa Airbara dalam melakukan program budi daya ikan air tawar.

“Saya harap desa-desa lainnya bisa mengikuti jejak Desa Airbara ini karena apa yang dilakukan desa ujung-ujungnya untuk ekonomi rakyat,” harap Riza.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kapolres Bangka Selatan AKBP Joko Isnawan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Muhson, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan dan Pengurus Pokdakan Airbara. (Pra)