Kantor Bahasa Tingkatkan Penggunaan Bahasa di Kalangan Anak Muda

PANGKALPINANG, LASPELA – Kantor Bahasa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), terus berupaya untuk meningkatkan penggunaan bahasa negara dikalangan anak muda.

Untuk mencapai itu, kantor bahasa telah menggelar kegiatan Duta Bahasa yang diikuti oleh kalangan muda mudi Babel, yang digelar pada bulan Maret lalu.

Kepala Kantor Bahasa Muhammad Irsan menuturkan, hal ini dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan terhadap bahasa negara, dan meningkatkan literasi.

“Mereka yang tergabung dalam duta bahasa, mereka inilah yang akan menjadi garda terdepan dalam penekanan penggunaan bahasa yang ada di Provinsi Babel,” tuturnya, Senin (23/5/2022).

“Mereka inilah yang kelak akan melanjutkan perjuangan kita dalam mempertahankan penggunaan bahasa. Kita sudah menyeleksi mereka dan akan kita kirim untuk seleksi nasional,” ujarnya.

Sementara, terkait kegiatan sosialisasi dan penggunaan bahasa kepada lembaga-lembaga yang digelar pada hari ini, dikatakan Irsan ini merupakan upaya untuk memacu dan melestarikan bahasa negara.

“Karena baik dari lembaga-lembaga, perangkat daerah (PD) dan masyarakat sendiri harus memahami ini, tujuannya untuk meningkatkan kualitas pemahaman kepada bahasa ibu kita,” katanya.

“Kita pelan-pelan lah untuk ini. Boleh menggunakan bahasa asing, namun utamakan dulu bahasa aslinya, mudah-mudahan dengan kegiatan ini menyadarkan kita khususnya bagi lembaga-lembaga yang hadir pada hari ini,” tuturnya. (dnd)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: