Pilkades Serentak Bangka Barat Dilaksanakan Tahun Ini

MUNTOK, LASPELA — Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospemdes) Kabupaten Bangka Barat, akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak terhadap 55 desa yang ada di Bangka Barat tahun ini.

Kabid Pemerintahan Desa Dinsospemdes, Izha Fajri menyampaikan tahapan akan dimulai bulan Mei, sedangkan pencoblosan bulan Oktober. Kemudian pelantikan di Bulan November 2022.

“Secara kepastian belum dipastikan, karena itu kan baru rencana, kalau ketetapannya tinggal menunggu Pak Bupati dan sudah diusulkan,” ungkap Izha, Selasa (17/5/22).

Izha mengungkapkan, saat ini ada 33 desa yang dipimpin oleh Pj (Penjabat) karena masa jabatan kades sudah berakhir. Ia juga mengatakan, seharusnya pilkades sudah dilaksanakan pada tahun 2020 lalu, namun terpaksa dibatalkan.

“Tetapi instruksi dari kementerian tidak boleh melaksanakan pilkades, mau tidak mau harus diundur karena Pandemi Covid-19. Seminggu sebelum tanggal dimulai kita batalkan karena Covid-19, surat dari Mendagri,” ucapnya.

Kemudian, Izha mengungkapkan untuk logistik kotak surat suara dan kelengkapan pemilihan lainnya, pihaknya bekerja sama dengan KPU Bangka Barat menggunakan barang bekas pilkada tahun 2020 lalu.

“Soalnya kalau mau pengadaan itu besar biaya, sedangkan pemda sedang defisit. Ya hibah, karena mereka sebenarnya KPU itu barang habis pakai, daripada dibakar biar kami yang pakai,” katanya. (Oka)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: