Antisipasi Kelangkaan Kantong Darah, PMI Basel Buka Gerai Donor Darah Massal


Oleh: Nopranda Putra


TOBOALI, LASPELA – Kepala Markas PMI Bangka Selatan, M M Iskandar mengatakan, kebutuhan kantong darah di Bangka Selatan saat ini sangat tinggi. Guna mencukupi animo tersebut, pihaknya langsung mengambil langkah untuk membuka gerai donor darah secara massal.

“Permintaan darah di sini sangat tinggi. Jadi kami buka donor darah secara massal guna mengantisipasi kelangkaan darah. Alhamdulillah ada penambahan delapan kantong darah hari ini,” kata Iskandar, Rabu, 18 Mei 2022.

Terlebih, kata dia Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan berencana akan membuat bank darah, sehingga kebutuhan darah di sini dapat teratasi.

“Dengan adanya bank darah itu, Mudah-mudahan darah di Kabupaten Bangka Selatan tidak terputus. Jangka waktu donor darah untuk perempuan mulai donor pertama 90 hari, dan laki-laki 60 hari,” tukas dia.

Ia menjelaskan, sebelumnya, hasil dari donor darah di Basel akan dibawa ke PMI Pangkalpinang. Namun untuk sekarang diserahkan ke RSUD lantaran permintaan masyarakat Basel sangat banyak.

“Memang sebelumnya hasil donor darah di Basel kita bawa ke PMI Pangkalpinang, tapi dalam waktu terakhir ini kami sudah serahkan ke RSUD Basel untuk disimpan di sana,” ujar dia. (Pra)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: