Presiden jokowi Sebut Babel Miliki Harmonisasi Keagamaan Tertinggi di Indonesia

PANGKALPINANG, LASPELA – Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo menyampaikan bahwa Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ditunjuk untuk menjadi daerah sebagai pusat pengembangan pendidikan konghucu, terkhusus untuk mengembangkan Sekolah Tinggi Konghucu Indonesia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel). Hal ini dikarenakan, Babel memiliki harmonisasi keagamaan tertinggi di Indonesia.

Berita baik ini disampaikan oleh Gubernur Kepulauan Babel Erzaldi Rosman, saat memberikan sambutan pada acara ‘Syukuran Hari Jadi Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia (MATAKIN) ke-99’, yang bertempat di Gedung Setia Bakti, Pangkalpinang, Selasa (12/4/2022) malam.

“Sehari sebelum imlek, kami pengurus MATAKIN menghadap presiden, dan beliau meminta agar segera didirikan Sekolah Tinggi Ilmu Konghucu di Bangka Belitung,” ujar Budi Santoso, Ketua Umum MATAKIN.

Ini juga sejalan dengan tenaga pendidik agama konghucu yang memang tergolong masih sedikit, namun kebutuhannya cukup tinggi untuk tiap sekolah. Belum lagi, penganut agama konghucu di Babel juga cukup banyak.

“Permintaan guru konghucu banyak sekali, tetapi tenaga pendidiknya masih kurang sekali. Bagaimana kita mau menciptakan guru agama konghucu, sedangkan sekolah tingginya pun tidak tersedia,” ujar Gubernur Erzaldi.

Dikatakan oleh Erzaldi, Permintaan dari Presiden Jokowi ini bukan lagi sebuah dorongan, tetapi sebuah kebutuhan yang harus didorong.
Tak hanya itu saja, Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Pemprov Babel) tentu akan membantu mewujudkan niat baik ini.

“Semoga sebelum masa jabatan saya berakhir, surat hibah tanah dari masyarakat dan Pemprov Babel kepada Kementerian Agama RI, khusus untuk membangun Sekolah Tinggi Konghucu di Babel akan segera dilayangkan dan diserahkan. Tapi kami minta waktu, mudah-mudahan minggu depan bisa bertemu dengan Yayasan Sentosa dan Yayasan Untaian Kasih 6,” katanya.

Untuk saat ini, rencananya ada dua lokasi yang akan dihibahkan untuk membangun sekolah ini, yakni di daerah Tanjung Bunga dan Kejora. Lalu, dengan modal yang ada sudah bisa meng-cover kurang lebih 4,5 hektar. Ditambah lagi, pemprov juga akan melengkapinya.

“Kita doakan bersama-sama, semoga di tahun depan, tahun ke-100, harus ditandai dengan membangun Sekolah Tinggi Ilmu Konghucu Indonesia di Babel,” ujar gubernur.

Hadir dalam acara ini Kapolda Babel Irjen Pol. Yan Sultra, Kasrem 045/Garuda Jaya Kolonel Infanteri Parluhutan, Walikota Pangkalpinang Maulana Akil, Kepala BNN Babel Brigjen Pol Muttaqien, Anggota DPD RI Alex, Kanwil Kemenag Muhammad Ridwan.rill/(wa)

Chinese (Simplified)EnglishIndonesianSpanish
%d blogger menyukai ini: