Budi Widihartanto Resmi Dikukuhkan Sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Babel

PANGKALPINANG, LASPELA – Budi Widihartanto resmi dikukuhkan menjadi Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang sebelumnya dijabat oleh Tantan Heroika.

Pengukuhan dilaksanakan di Gedung Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Juda Agung, pada Senin (21/3/2022).

Acara pengukuhan dihadiri Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman, pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), pimpinan kabupaten/kota se-Bangka Belitung, perbankan, serta pimpinan instansi vertikal di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung secara terbatas disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat.

Agenda pengukuhan ini sekaligus memperkenalkan Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang baru kepada para mitra strategis Bank Indonesia di wilayah Bangka Belitung.

Dalam kesempatan ini, Gubernur Babel Erzaldi Rosman menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia Kepulauan Bangka Belitung yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mendorong perekonomian Babel. Lebih lanjut Pemerintah Provinsi Bangka Belitung selalu bersama-sama dengan Bank Indonesia untuk saling memberikan solusi dan bekerjasama dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi di Bangka Belitung. Disampaikan pula bahwa perkembangan ekonomi Bangka Belitung pada tahun 2021 tumbuh 5,05% (yoy).

“Saya memandang perlu untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi ke depannya dalam mendorong akselerasi pemulihan ekonomi di Provinsi Bangka Belitung,” kata Erzaldi dalam sambutannya.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tantan Heroika, yang telah menyelesaikan tugasnya dengan baik di Bangka Belitung.

“Ucapan selamat juga saya berikan kepada Budi Widihartanto yang mengemban amanah baru sebagai Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ujarnya.

Deputi Gubernur Bank Indonesia, Juda Agung dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Tantan Heroika yang telah menjalankan roda kepemimpinan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan ucapan apresiasi atas segala kontribusi yang telah diberikan.

“Penunjukkan Budi Widihartanto sebagai Kepala Perwakilan yang baru merupakan sosok yang tepat untuk menahkodai perjalanan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung ke depan,” ujarnya.

Dia mengatakan, perekonomian Babel sepanjang tahun 2021 dapat tumbuh sebesar 5,05 persen (yoy), melebihi pertumbuhan ekonomi nasional 3,69% (yoy).

“Atas capaian positif tersebut, saya memberikan selamat kepada Bapak Gubernur beserta jajaran, Forkopimda, Perbankan, Pengusaha dan pihak terkait lainnya, yang telah bersinergi dan bahu membahu, sehingga pertumbuhan ekonomi Babel mampu kembali tumbuh tinggi, sekaligus meraih predikat sebagai provinsi dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi se-pulau Sumatera,” tuturnya.

Agung menjelaskan, untuk meningkatkan yang telah dicapai Provinsi Babel setidaknya ada 4 (empat) hal yang kiranya dapat menjadi perhatian Budi Widihartanto sebagai Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang baru. Pertama, mampu meningkatkan kontribusi BI di daerah, terutama dalam rangka mendorong kinerja perkonomian Babel melalui peran sebagai strategic advisor yang kredibel dan dapat diandalkan oleh stakeholder utama di daerah.

Kedua, dapat terus memperkuat koordinasi dengan pemerintah daerah dalam pengendalian inflasi, salah satunya melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID).

Ketiga, terkait dengan Pengembangan UMKM serta Ekonomi dan Keuangan Syariah, dapat konsisten melaksanakan program pengembangan UMKM yang sejalan dengan upaya kita untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GBBI).

Keempat, koordinasi untuk elektronifikasi transaksi keuangan Pemerintah Daerah melalui TP2DD agar terus diperkuat dalam rangka mendorong elektronifikasi transaksi di daerah, khususnya pada 3 fokus utama. 

“Fokus pertama, BI Babel agar mendukung upaya pemerintah daerah untuk menyalurkan bansos melalui program elektronifikasi bansos melalui penguatan model bisnis, regulasi dan metode pembayaran yang sesuai dengan kebutuhan termasuk peningkatan kualitas data,” paparnya.

Dia menambahkan, untuk fokus kedua, pada elektronifikasi transportasi, transaksi non-tunai dapat meningkatkan efisiensi dan kelancaran transaksi di sektor transportasi, sehingga mendukung kelancaran aktivitas perekonomian.

“Fokus ketiga, untuk memperkuat elektronifikasi transaksi pemda, perlu terus diperkuat sinergi program strategis satgas Percepatan dan Perluasan dan Digitalisasi Daerah yang berpotensi meningkatkan PAD (pendapatan asli daerah),” pungkasnya.(wa)