Rapatkan Shaf, Shalat di Masjid Agung Sungailiat Kini Tak Lagi Jaga Jarak

SUNGAILIAT, LASPELA — Shalat berjamaah di Masjid Agung Sungailiat kini tak lagi memakai aturan Physical Distancing atau menjaga jarak.

Ketua Pengurus Masjid, KH Syaipul Zohri mengatakan jika aturan tersebut sudah diberlakukan sejak seminggu lalu.

“Alhamdulillah untuk aturan shalat kita sudah merapatkan kembali shaf kita. Ini sudah seminggu kita terapkan,” ungkap Syaipul, Jumat (18/3/2022).

Kendati begitu, pihaknya menegaskan agar seluruh jama’ah tetap menggunakan masker saat di dalam maupun di luar masjid.

“Masker harus tetap kita pakai, dan juga mencucui tangan sebelum masuk ke masjid,” tegas Ketua MUI Bangka ini.

Aturan tentang kembalinya merapatkan shaf ini tertuang dalam Bayan Dewan Pimpinan MUI tentang Fatwa MUI terkait Pelaksanaan Ibadah Dalam Masa Pandemi bernomor Kep-28/DP-MUI/III/2022.

Syaipul juga mengatakan sudah berkoordinasi dengan Bupati Bangka yang juga selaku Ketua Tim Covid-19 terkait aturan tersebut.

“Jadi, aturan ini kita terapkan pada shalat berjamaah sholat lima waktu/rawatib, sholat tarawih dan sholat id nanti, serta kegiatan keagamaan lainnya seperti pengajian umum dan majelis taklim. Namun dengan tetap menjaga diri agar tidak terpapar Covid-19,” jelasnya.

Terlihat, para pengurus Masjid Agung Sungailiat ini juga tengah memasang kembali sajadah panjang yang semula disimpan lantaran adanya trend penyebaran Covid-19. (mah)