Meningkatnya Ketertarikan Masyarakat Luar Terhadap Provinsi Bangka Belitung

Oleh: Ade Yuni Sihombing
Mahasiswi Fakultas Hukum/Universitas Bangka Belitung

 

SETIAP tahun, perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan efek dan manfaat cukup besar bagi wilayah Indonesia, secara khusus bagi wilayah Provinsi Bangka Belitung.

Pesatnya perkembangan teknologi menjadi sarana penunjang bagi setiap unsur, baik maayarakat, pemerintah, maupun swasta untuk mengenalkan provinsi yang berdiri pada tahun 2000, atau tepat pada era milenium kepada masyarakat lainnya, terutama yang berada di luar Bangka Belitung maupun luar Indonesia.

Indahnya potensi alam Provinsi Bangka Belitung yang salah satunya terletak di laut dan pantainya, menjadi pemicu masyarakat lain untuk berlomba-lomba ingin tahu. Berbagai pertanyaan pun muncul.

Apa saja yang ada di Bumi Serumpun Sebalai?
Bagaimana laut dan pantainya yang katanya bagus dan jernih?

Dan masih banyak pertanyaan lainnya, sehingga muncul rasa penasaran dan ketertarikan untuk mengunjungi provinsi ini.

Tidak hanya untuk sekadar berkunjung, ternyata pertanyaan–pertanyaan itu juga memicu masyarakat lain untuk menjatuhkan pilihan menetap di kepulauan di barat Indonesia ini, baik untuk menempuh pendidikan yang saat ini banyak mahasiswa yang memutuskan untuk melanjutkan studi ke universitas-universitas yang ada di Bangka Belitung. Contohnya saja di Universitas Bangka Belitung (UBB).

Setiap tahun, mahasiswa yang berasal dari luar provinsi semakin banyak. Tercatat, mahasiswa Universitas Bangka
Belitung (UBB) yang berasal dari luar sebagian besar tersebar di provinsi yang berada di Pulau Sumatera seperti Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Sumatera Utara, Riau, dan sebagian Pulau Jawa.

Jadi, sudah bukan hal yang aneh lagi kalau kita menemukan beragam suku seperti suku Batak, Jawa, Minang, China dan Tionghoa, dan suku lainnya di tanah timah ini. Hal ini membuktikan bahwa, di mata masyarakat Indonesia, Bangka Belitung memiliki kualitas yang tidak kalah dibanding daerah yang lebih ‘senior’.

Lantas, memang sudah berjalan bagaimana provinsi ini membuktikan diri punya potensi. Apalagi provinsi ini memang menjadi provinsi yang perlu dikembangkankan karena didalamnya terkandung banyak hal yang menarik perhatian masyarakat.

Keragaman potensi, baik di wisata, sejarah, budaya, bahkan potensi ekonomi tersebut tentu saja memberikan banyak dampak positif di mata masyarakat, khususnya soal keragaman budaya. Keragaman ini menjadi daya tarik tersendiri bagi satu sama lain untuk saling mempelajari suku yang lain, adat yang lain.

Dan yang pasti, didalamnya juga akan ada persaingan untuk menggali potensi dalam diri masing-masing, hingga mampu memajukan provinsi ini agar semakin terkenal, baik di dalam negeri maupun luar negeri.